CARA MEMERIKSA VEHICLE SPEED SENSOR

CARA MEMERIKSA VEHICLE SPEED SENSOR PADA KENDARAAN

Kali ini saya mau memberikan bagaimana cara memeriksa speed sensor jika odometer pada kendaraan anda tidak jalan.Karena spedometer merupakan hal sangat penting untuk mengetahui berapa kecepatan kendaraan saat kita jalan dan juga untuk mengetahui saat kapan kita akan melakukan service selanjutnya.Untuk model kendaraan yang lama spedometer masih menggunakan kabel sehingga kalau spedometer tidak jalan atau mati maka pasti kebanyakan penyebabnya dari kabel spedometer yang putus.Akan tetapi pada sekarang ini banyak kendaraan sudah mengadopsi untuk sepometer digital sehingga tidak lagi menggunakan kabel spedometer lagi tapi menggunakan sensor yaitu Vehicle Speed Sensor.



Saya contohkan gambar di atas adalah speed sensor yang mendeteksi putaran dari transmisi yang akan di salurkan ke gardan dan ke roda belakang.Sensor ini setelah mendeteksi berapa putaran akan di ubah secara sinyal electronic yang akan di kirimkan ke Ecu dalam Odometer Assy sehingga akan berubah menjadi kecepatan.

Yang saya bahas kali ini adalah speed sensor untuk kendaraan 24 volt dimana hampir kendaraan menggunakan speed sensor untuk mendeteksi kecepatan kendaraan,cara kerja dan cara pemeriksaannya juga hampir sama.Maka saya akan mengulasnya disini.
Untuk sensor ini di lengkapai dengan tiga buah kabel yang terhubung ke odometer assy.Ketiga kabel tersebut adalah tegangan 24 volt,Ground,dan Sinyal Output.Cara pemeriksaannya kita menggunakan ohm meter atau volt meter analog karena tinggkat pembacaan pada sinyal akan lebih jelas dri pada volt meter digital.






Berikut adalah cara pemasangan volt meter pada sensor.dengan sensor masih terpasang pada kendaraan dan roda belakang kita angkat ditahan dengan rigid rack maka hidupkan mesin dan masukan transmisi dengan kecepatan bergantian dengan tetap volt meter terpasang pada sensor.Jika volt meter bergerak kenan menunjukan nilai perubahan tegangan seiring dengan kecepatan kendaraan maka speed sensor tersebutdalam keadaan baik atau normal.Apabila sebaliknya jika kecepatan kendaraan semakin tinggi tetapi nilai tegangan volt meter tidak berubah atau nilainya hanya nol saja atau jarum volt meter tidak bergerak maka kemungkinan penyebabnya adalah speed sensor itu sendiri yang rusak.

Sebelum memastikan speed sensor yang rusak pastikan terlebih dahulu kabel positif harus ada tegangan 24 volt dari battery dan kabel ground juga harus terhubung dengan ground body.Jalur kabel dari odometer sampai sensor juga harus di pastikan terhubung tidak ada yang putus.Oh ya sobat vehicle speed sensor ini semuanya di lengkapi juga dengan fuse atau sakring jangan sampai lupa di periksa ya........siapa tahu hanya putus saja tinggal ganti maka semua beres.

Semoga sukses

Komentar

  1. Hai selamat siang, saya ruli .. mohon petunjuknya mengenai lokasi/letak posisi sensor speedometer nissan serena c26/c27, terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar