ENGINE TIDAK DAPAT HIDUP PADA COLT T 120 SS KARENA RELAY ENGINE RUSAK

ENGINE MOGOK TIDAK BISA HIDUP KARENA RELAY ENGINE


COLT T 120 SS - Pada kendaraan mitsubishi colt t 120 ss merupakan kendaraan bermesin bensin injeksi.Mesin 4 silinder dengan isi silinder 1500 cc.

Kali ini sobat blogger saya akan memberikan cara penanganan permasalahan yang sering terjadi pada kendaraan mitsubishi colt t 120 ss yaitu tentang trouble shooting mesin tidak bisa hidup atau mogok.

Kendaraan mogok yang di maksud ini adalah mesin bisa starter akan tetapi mesin tidak mau menyala sehingga dari analisa untuk battery dan dinamo starter dalam keadaan baik.Bila menemukan kasus yang sama seperti ini kemungkinan masalah terjadi dari sistem injeksi mesin.

Kita perhatikan pada semua kendaraan dengan bermesin injeksi,pasti ada ada yang namanya engine check lamp.Dan engine check lamp tersebut menyala saat kunci kontak ON dan akan mati setelah mesin sudah menyala,dalam hal ini kondisi tersebut adalah normal.Untuk kondisi yang tidak normal adalah ketika kunci kontak ON dan engine check lamp tidak menyala menandakan ada komponen yang tidak berfungsi dengan baik yaitu engine control relay.

Hal yang tidak normal atau ada komponen atau sensor yang rusak adalah ketika kendaraan menyala dalam posisi berjalan tiba-tiba check engine menyala maka segera berhentikan kendaraan dan periksa mesin apakah ada sesuatu yang aneh pada mesin,karena check engine berfungsi untuk memberikan peringatan pada pengemudi bahwa kendaraan sedang mengalami sesuatu kerusakan.Kerusakan ini bisa fatal atau hanya peringatan agar segera kendaraan di periksakan ke bengkel.Misalkan masih bisa jalan dalam kondisi check engine menyala maka tetap kendarai kendaraan dan berhati-hati.

Pada trouble kali ini saya menemukan engine check lamp tidak menyala saat kunci kontak di ON kan sehingga kami lakukan pemeriksaan terhadap engine control relay.Dan memang engine control relay dalam posisi rusak sehingga perlu penggantian.Setelah di ganti engine check lamp bisa menyala saat kunci kontak ON sehingga saat mesin di start engine bisa menyala.

Dari trouble ini untuk engine control relay berfungsi untuk menyalurkan tegangan dari battery-kunci kontak-engine control unit dan sebagian ke sensor dan actuator.Apabila relay ini rusak maka tidak ada tegangan yang masuk ke engine control unit sehingga sensor dan actuator tidak bekerja maka sistem pengapian dan sistem bahan bakar berhenti atau tidak bekerja mengakibatkan mesin mati.

Semoga bermanfaat artikel kali ini dan jangan lupa di share untuk dapat memberikan informasi ke orang yang membutuhkan.

Komentar

  1. misi gan nanya,saya lagi punya keluhan chek engine yang mati dan mesin di setater mau tapi nda nyala, saya sudah coba pake ecu lain dia normal...berarti itu permasalahannya di ecu ya gan...

    BalasHapus
  2. Deket relay ada soket ug dua kabel itu fungsinya apa gaan

    BalasHapus

Posting Komentar