ENGINE STASIONER TIDAK NORMAL PADA COLT T 120 SS

Permasalahan pada kendaraan injeksi seperti pada mitsubishi colt t 120 ss sering kita jumpai dengan engine stasioner yang tidak stabil.Karena berbagai masalah timbul dan penyebabnya juga berbeda-beda.


Karena kendaraan jarang sekali di service mesin  dengan pemilik kendaraan hanya melakukan ganti oli saja.Maka filter udara yang seharusnya setiap service dilakukan pembersihan maka tidak dilakukan.Akibatnya kendaraan masuk debu kecil yang tidak tersaring oleh filter tadi dapat menempel di trotle body dan intake manifold.

Sebagian ke actuator dan sensor yang berhubungan dengan saluran intake.Stasioner tidak stabil dapat disebabkan oleh saluran intake yang bermasalah,entah dari sensor,acuator atau trotle body itu sendiri yang kotor atau tersumbat.

Dengan membersihakn trotle body dengan carburator injeksi cleaner maka sudah cukup untuk dilakukan.Jika masih tidak stabil maka dengan engine tune up dan pemeriksaan pada engine secara menyeluruh agar hasil maksimal.

Meskipun engine sudah ditune up,trotle body di bersihkan kendaraan yang saya tangani masih mengalami troble stasioner tidak stabil.Dengan actuator steeper motor kita lem ujungnya dengan plastic steel karena aus.Setelah kering steeper motor kita pasang dan hasilnya masih sama tidak ada perubahan.

Langkah terakhir adalah kemungkinan dari actuator itu sendiri yaitu steeper motornya yang mengalami masalah.Dengan socket stepper motor kita lepas untuk tidak mengaktifkan actuato tersebut.Dari pelepasan socket tadi setelah kendaraan dinyalakan dapat berputar stasioner secara stabil,tidak naik turun.Maka perlu dilakukan penggantian steeper motor agar trouble dapat sembuh normal kembali,

Karena memang harga spare part steeper motor lumayan mahal maka langkah sederhana agar stasioner tidak naik turun adalah dengan melepas socket steeper motor untuk tidak difungsikan.

Komentar

Posting Komentar