PENYEBAB TACHOMETER MATI PADA MITSUBISHI COLT T 120 SS


DUNIA OTOMOTIF - Kendaraan dengan sistem injeksi pasti menggunakan tachometer di odometernya.Kendaraan pada era terdahulu belum dilengkapi dengan control putaran mesin atau Rpm.Dan sekarang disebut dengan tachometer yang dapat mendeteksi putaran mesin.

Pada artikel ini adalah bagaimana mengetahui penyebab tachometer mati pada mitsubishi colt t 120 ss.Pada saat awal di start seharusnya kendaraan hidup dan control rpm pada odometer harus menunjukan posisi putaran engine saat idle atau saat di akselerasi.

Saat itu control rpm dalam posisi mati dan tidak bergerak.Untuk memeriksanya yaitu terlebih dahulu periksa fuse apakah dalam kondisi baik atau tidak.Setelah wiring dalam keadaan normal mala periksa odometer assy.

Buka pada bagian belakang odometer assy dan akan terlihat jalur wiring odometer seperti terlihat pada gambar di atas.Setelah membuka trouble yang kami temukan adalah adanya open circuit atau konslet pada jalur tembaganya.Karena terlalu panas adanya konslet sehingga tembaga tidak mampu menahan panas dan akibatnya seperti pada gambar.

Hubungan yang terputus tersebut bisa di sambung kembali menggunakan kabel sehingga aliran arus dapat tersalurkan dan tachometer dapat hidup normal kembali.Untuk beberapa kendaraan jangan memasang variasi kelistrikan secara asal-asalan karena bisa menjadi penyebab kerusakan komponen lain.

Komentar

  1. Bang nmpang tanya klw rpm mobil nya z mati lalu lantran pasang rpm pariasi motor cra memperbaiki nya gimna bang spya hidup kmbli mohon inponya

    BalasHapus
  2. pasang rpm motor bisa bang,yang penting kabel utk rpm langsung jumper saja ke rpm variasi tersebut

    BalasHapus

Posting Komentar