Trouble Parking Brake Service Required Pada All New PAJERO SPORT


Kendaraan All New Pajero sport menggunakan parking brake dengan system electronic.Dimana untuk menarik rem belakang menggunakan sebuah motor dengan bantuan kabel hand rem yang akan terhubung dengan kampas rem di rem roda belakang.

Trouble ini terjadi pada parking brake kendaraan all new pajero sport.Yaitu kendaraan tidak bisa di fungsikan parking brakenya.Di dashboard muncul peringatan indikator seperti terlihat pada gambar diatas.Meskipun tombol parking brake electronic difungsikan namun parking brake tidak bekerja yaitu roda belakang masih bisa diputar.

Pemeriksaaan yang dilakukan adalah dari fuse yang berhubungan dengan electronic parking brake dan didapatkan semua fuse dalam kondisi baik.Motor di periksa juga masih dalam kondisi bekerja karena terasa ada getaran pada motor parkingnya.

Kabel juga diperiksa tidak ada masalah,siapa tahu dalam keadaan putus.Kemudian rem belakang kita bongkar bagian kanan dan kiri.Ban kita lepas kemudian brake drum di lepas juga sehingga terlihat komponen rem yang menempel pada baking platenya.

Terlihat pada roda bagian kanan ada komponen yang lepas yaitu untuk kabel hand rem yang menempel ke kampas rem.Kabel handrem dalam keadaan bebas sehingga waktu motor bekerja untuk menarik kampas rem maka kampas rem tidak bergerak karena tidak ada ikatan.

Setelah kita mengetahui ada kabel yang lepas kemudian dipasangkan kembali sesuai dengan posisinya.Untuk sebelah kiri masih dalam keadaan baik komponen part menempel semua sehingga hanya dibersihkan saja.

Brake drum yang dilepas tadi kemudian dipasang kembali diberikan baut roda sebagai penguat agar brake drum tidak lepas.Dicoba switch handrem di On kan dan hasilnya motor bekerja menarik kampas rem roda belakang.Roda belakang dalam posisi terkunci dengan kuat,begitu switch handrem di Off kan maka roda belakang bebas dan dapat berputar.

Untuk menghilangkan indikator pada dashboar parking brake service required menggunakan scan diagnosis code dan dihapus.Hasilnya indikator hilang dan kendaraan di test jalan hasilnya sudah normal kembali.Waktu diturunan dicoba handrem secara electronic dan kendaraan dapat terkunci rodanya,begitu juga saat hand rem dilepas roda kembali bebas.

Komentar

Posting Komentar