Oil Cooler Rusak Penyebab Air Radiator Bercampur Dengan Oli Mesin Pada Kendaraan Diesel


Berbicara tentang kendaraan diesel identik dengan suara engine yang kasar.Dengan pembakaran temperatur tinggi menyebabkan engine panas.Termasuk dari system pelumasan dan system coolingnya.

Untuk cooling system menggunakan radiator dan kipas sebagai sarana untuk mendinginkan.Begitu saat kendaraan berjalan juga mendapatkan aliran udara sehingga juga membantu untuk mendinginkan cooling system yaitu air radiator.

Oli mesin juga kerjanya sangat berat selain untuk melumasi setiap komponen yang bergerak juga berfungsi sebagai pendingin engine.Karena itu oli mesin yang sangat panas juga perlu di dinginkan.Salah satunya dengan menggunakan sebuah oil cooler.

Setiap kendaraan bermesin diesel selalu menggunakan oil cooler.Garbar diatas merupakan oil cooler untuk kendaraan mitsubishi colt diesel FE304.Yaitu colt diesel type lama karena berbeda dengan mitsubishi colt diesel canter.

Bagaimana caranya oli bisa didinginkan pada oil coolernya.Mari kita bahas di artikel ini,karena sebenarnya oli mesin di oil cooler mengalir sebuah air radiator dengan ruangan berbeda.Maka oli bisa berkurang temperaturnya dikarenakan didinginkan oleh air radiator yang mengalir di oil cooler.

Ruangan atau jalur air dan oli mesin berbeda sehingga tidak akan tercampur satu sama lainya.Kemungkinan bisa bercampur jika seal oil cooler sudah rusak.Yang sering terjadi dengan oil cooler tipe ini jika rusak adalah air bercampur dengan oli mesin.Jadi air di radiator terlihat hitam karena bercampur dengan oli mesin.

Berbeda jika oli mesin bercampur dengan air kemungkinan penyebabnya adalah gasket cylinder head dan bukan dari oil coolernya.Jika oil cooler ini rusak yaitu dapat diketahui dengan air bercampur oli maka dengan membuka oil cooler dan mengganti oil seal dengan yang baru maka permasalahan akan selesai.

Dengan pemasangan oil seal secara benar dan tidak terjepit maka air tidak akan bercampur lagi dengan oli mesin.Agar oli di radiator yang bercampur air tadi dapat hilang dan bersih sepenuhnya maka masukan deterjen untuk membersihkanya.

Bila beberapa kali agar warna hitam bekas oli mesin yang menempel di radiator dapat hilang bersih sempurna.Karena setelah pemasangan oil seal yang baru dengan kondisi radiator yang sudah bersih maka saat kendaraan digunakan beberapa hari maka air bercampur oli tidak tampak lagi.

Komentar

  1. Terima kasih artikelnya bagus sekali. Kalau bertanya, mobil diesel saya juga oli masuk ke dalam radiator, mulai dari ganti oil cooler set sampai 3x ganti o ring seal dalam oil cooler tapi berkali-kali jebol terus o ring nya.
    Mohon infonya apa yg jadi penyebab o ring selalu rusak. Terima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar