Inilah Penyebab Mesin Mitsubishi L300 Cepat Panas


Banyak sekali sekarang ini untuk mobil mitsubishi L300 terbaru yang mengeluhkan temperaturnya panas.Jika digunakan untuk lari kencang sampai kecepatan 90 kilometer/jam dan dipanteng terus saat jalan lurus maka yang terjadi indikator temperatur langsung naik keposisi panas.

Itu adalah cerita dan keluhan pelanggan saat service mobilnya.dan dicek untuk test drive ternyata memang benar.Temperatur langsung naik ketika gas di pantengin dengan kecepatan tinggi.Namun setelah temperatur naik langsung kendaraan dipelankan.

Di tepikan kendaraanya beberapa saat kemudian di buat jalan lagi dalam keadaan normal.Kemudian jalan sesuai stndart tidak terlalu kencang.Ternyata masalah temperatur tidak ada lagi dan indikator tetap stabil.

Trouble ini hanya untuk mobil mitsubishi l300 yang untuk kecepatan tinggi dengan gas di pantengin.Dan masalah ini saya akan menjelaskan bagaimana cara perbaikanya.Ini menurut saya dengan hasil pelayanan dan servie mobil milik pelanggan menjadi baik dan tidak timbul trouble lagi.

Yaitu untuk radiator sendiri kita korokan sampai bersih .Tidak ada lagi kotoran didalam radiator yang menyumbat sehingga aliran air coolant dapat berjalan lancar.Langkah kedua yaitu melepas termostat agar aliran air coolant langsung mengalir ke mesin dan raditor sehingga temperatur engine selalu dingin.


Langkah terakhir adalah kipas radiator yang menjadi permasalahan.Dimana kipas ini menggunakan sebuah kopling fluida.Ada saat dimana jika sensor panas terdeteksi maka fan cluth ini akan menjadi kesatuan dengan putaran water pump sehingga kipas berputar lebih cepat untuk mendinginkan radiator.


Jika masih suhu rendah maka kipas ini berputar pelan karena selip.Ada sebuah komponen didalam rumah kipas yang akan menyatu atau terkunci sehingga kipas berputar tidak selip lagi.Dengan kondisi kipas yang selip ketika kecepatan tinggi maka proses pendinginan tidak akan sempurna.Maka terjadi panas yang berlebih pada engine.


Untuk itu perbaikanya yaitu dengan menambah silikon di fan clutchnya.Atau dengan cara fan clucth di matikan sehingga putaran kipas selalu menjadi satu kesatuan dengan water pump yang digerakan oleh fan belt melalui pulley dari engine.

Komentar