EXHAUST BRAKE MITSUBISHI CANTER TIDAK BERFUNGSI APA PENYEBABNYA

PENYEBAB EXHASUT BRAKE CANTER MATI


REM ANGIN - Begitu para driver di luar menyebutnya dengan rem angin karena saat digunakan menimbulkan bunyi seperti angin bertekanan.Padahal rem angin atau exhaust brake merupakan system rem yang menghambat tekanan gas buang dengan cara di tutup sementara agar mesin terasa di bebani sehingga akan meghambat putaran mesin.

Rem ini digunakan untuk membantu rem hidrolik yang utama agar beban kerja rem utama lebih ringan dan kampas rem tidak cepat habis.Rem angin sebaiknya digunakan pada jalan turunan sehingga kerja rem utama lebih ringan dan menghindari vapour lock atau fungsi minyak rem tidak dapat normal sehingga pengereman akan terganggu.

Apabil rem angin ini mati dapat di periksa melalui sakering ,kevakuman,swictch ,relay dan valve exhaust brake.Pada kali ini yang saya akan bahas adalah tentang bagaimana dan cara pemeriksaa juga perbaikan tentang bagaimana jika rem angin tidak berfungsi.

Sebenarnya swictch pengaturrem angin ini ada tiga yang terletak di pedal gas,pedal kopling dan terakhir ada di transmisi seperti terlihat pada gambar.Setelah diperiksa switch digas dalam kondisi baik dan switch di pedal kopling juga dalam keadaan baik juga.

Terakhir adalah memeriksa switch yang ada pada bagian di transmisinya seperti terlihat pada gambar diatas.Switch tersebut setelah diperiksa ternyata jalur kabel ada yang mengalami open circuit atau putus.Kabel putus ini terletak di samping transmisi dan berhubungan dengan kabel yang lain tetapi berbeda socket.Kabel seperti tergencet benda sehingga terlihat bagian tergencet mengecil.

Kabel diperiksa dan hasilnya kabel yang tergencet tadi dalam keadaan putus.Maka dari itu kabel kita sambung dan kemudian dilakukan test jalan.Rem angin dapat nyala kembali dan sudah normal sesuai standartnya.

Kemungkinan rusak yang lain disebabkan oleh penyebab yang lain juga bisa.Kadang dengan trouble yang sama akan tetapi beda cara penyelesaian dan perbaikannya.sehingga kasus yang saya alami ini dapat sebagai panduanSemoga bermanfaat

Komentar

Posting Komentar