INJECTOR 2ND VALVE OPENING PRESSURE # COLT DIESEL


Pada kendaraan Mitsubishi Colt Diesel Canter kita sering menjumpai kendala dari pengemudi mengeluhkan kendaraanya tidak ada tenaga terutama saat kendaraan bermuatan.Disini saya akan berbagi pengalaman tentang kendala pada kendaraan mitsubishi Colt Diesel Canter dengan cara mudah dan tepat.

Bila kita sudah merasakan pada kendaraan yaitu pada mesin terasa mbrebet saat mesin di akselerasi atau di gas makan coba periksa dulu dari yang mudah yaitu Filter Solar kita buka dan di lihat apakah sudah sangat kotor dan perlu penggantian.Ganti Filter Solar dengan spare part yang genuine agar kendaraan lebih awet dan spare part geuine merupakan spare part yang di jamin berkualitas.

Setelah penggantian Filter Solar di lakukan akan tetapi kendaraan masih mengalami kendala coba periksakan INJECTOR/NOZZLE ke bengkel resmi Mitsubishi agar dapat di ketahui permasalahan utama pada kendaraan.Biasanya di bengkel umum tidak mempunyai alat untuk memeriksa tekanan injector/nozzle.

Injector sendiri pada kendaraan mitsubishi canter merupakan type 2 STAGE INJECTION yaitu injector yang dalam pengabutanya di dalam silinder terjadi 2 kali yaitu primer dan sekunder.Terdapat 2 valve di dalam injector untuk mengatur penginjeksian bahan bakaryaitu 1st Valve Opening Pressure dan 2nd Valve Opening Pressure,dimana tingkat tekanan masing-masing valve berbeda.
     1st Valve Opening Pressure  STD 180-190 kg/cm2
     2nd Valve Opening Pressure  STD 261-271 kg/cm2


Foto di atas menunjukan pemeriksaan nozzle sebelum penggantian (2nd valve opening pressure)


yang pada tekanan 300kgf/cm2 nozzle tidak mengabutkan bahan bakar hal ini menunjukan bahwa injector/nozzle tersumbat.

Untuk pemeriksaaan nozzle ( 1st valve opening pressure ) sebelum di ganti dengan yang baru pada tekanan 190 kgf/cm2 nozzle tidak bisa mengabutkan bahan bakar dengan baik



Bila hal ini di temukan pada injector/nozzle kendaraan anda maka gantilah injector/nozzle dengan Genuine Spare Part agar kualitas barangnya dapat di pertanggungjawabkan dan awet.

Dari perbaikan di atas setelah melakukan penggantian injector agar kendaraan tetap dalam kondisi prima dan injector juga awet maka lakaukanlah penggantian filter solar dan service mesin secara berkala

Komentar