KEY OPERATION SYSTEM ( KOS ) with OSS (ONE TOUCH START SYSTEM )

Keyless Operation System

KOS merupakan sistem yang dapat membuka/mengunci pintu-pintu, tail gate, men-start engine tanpa harus mengeluarkan keyless operation key dari saku ataupun tas yang dibawa dan disisi lain mempermudah dalam pengoperasiannya dengan cara membawa keyless operation key. Keyless operation key juga dapat digunakan sebagai keyless remote entry control switch (sama seperti keyless remote entry system biasa).

KOS dapat membuka/mengunci pintu-pintu, tail gate hanya dengan mendekatkan keyless operation key dan menekan switch yang terdapat pada handle, dan men-start engine dengan menekan engine switch (One touch Start System) tanpa menggunakan konvensional mechanical key.



 Locking dan Unlocking

1.Lock function
Keyless operation key harus berada pada daerah operasi transmitter (70 cm dari doors dan tailgate), dan ID code akan melakukan verifikasi
Tekan lock/unlock switch yang terdapat pada driver, front passenger handle dan tail gate, maka pintu dan tailgate akan terkunci
Saat pintu dan tail gate terkunci, lampu hazard akan menyala 1 kali dan buzzer akan berbunyi 1 kali


Catatan
Kendaraan yang dilengkapi dengan mirror retractor switch, mirror akan secara otomatis menutup ketika semua pintu terkunci dengan mengoperasikan keyless
Keyless tidak dapat bekerja pada kondisi : keyless operation key berada di dalam kendaraan, pintu atau tailgate dalam keadaan terbuka, operation mode pada kondisi “OFF”
Tailgate open switch dapat digunakan untuk memastikan bahwa pintu telah terkunci dengan cara menekan switch setelah pintu terkunci lebih dari 3 detik
Jika tailgate open switch ditekan selama 3 detik atau lebih setelah pintu terkunci, maka pintu dan tailgate dapat dibuka
Lamanya waktu dari konfirmasi penguncian pintu dapat di atur sesuai keinginan   

2.Unlock function
Keyless operation key harus berada pada daerah operasi transmitter (70 cm dari doors dan tailgate), dan ID code akan melakukan verifikasi
Tekan lock/unlock switch yang terdapat pada driver, front passenger handle dan tail gate maka pintu dan tailgate akan unlocked
Saat pintu dan tail gate unlocked, lampu hazard akan menyala 2 kali dan buzzer akan berbunyi 2 kali serta room lamp akan menyala selama 15 detik jika room lamp switch pada posisi “DOOR”
Pintu akan secara otomatis mengunci kembali apabila setelah unlocked, pintu atau tailgate tidak dibuka sekitar 30 detik dari unlocked

Catatan
Kendaraan yang dilengkapi dengan mirror retractor switch, mirror akan secara otomatis membuka ketika semua pintu unlocked dengan mengoperasikan keyless
Fungsi keyless dapat diset menjadi hanya bisa membuka pintu driver dengan menekan lock/unlock switch. Pada kondisi ini, pintu dan tailgate bisa di-unlock jika driver lock/unlock switch ditekan 2 kali
Keyless tidak dapat bekerja pada kondisi : pintu atau tailgate dalam keadaan terbuka, operation mode pada kondisi “OFF”

Cara Menghidupkan-Mematikan Engine
1.Engine start
Bawa keyless operation key (KOS-key) ke dalam kendaraan.

Untuk mobil CVT,posisi selector lever “P”, mobil manual transmisi posisi selektor “N”
Untuk mobil CVT, tekan pedal brake secara kuat. Jika kendaraan manual transmission, tekan pedal clutch/kopling

Tekan engine switch saat brake pedal, Steering lock akan ke un-lock, kemudian engine akan hidup dengan mengoperasikan starter motor
Kerja Starter motor akan berhenti secara otomatis sesudah engine hidup.

2.Engine stop
Sesudah memberhentikan kendaraan, posisi-kan selector lever di P, kemudian tekan engine switch.
Sistem pengapian akan dicut-off dan engine akan mati. (posisi switch OFF)
Jika tidak diposisi P, keadaan power supply akan ke  posisi “ACC” (warna lampu orange).


Catatan (Engine start operation)
starter motor akan terus bekerja/berputar sampai selama 15 detik, jika engine switch dilepas satu kali.
Jika engine switch ditekan lagi secara terus menerus, starter motor akan aktif dengan waktu total 30 detik.
Jika engine switch ditekan lagi saat starter motor sedang running, starter motor akan otomatis berhenti.
Perhatian (Emergency engine stop)
Engine tidak akan berhenti dengan menekan engine switch secara sengaja
Namun, engine akan berhenti jika engine switch ditekan dalam waktu yang lama ( 3 S ) atau engine switch ditekan 3 kali berurutan. Engine dimatikan dengan posisi power supply ACC.

Operasi Power supply
Jika kedua dari brake pedal (kendaraan CVT ) or clutch pedal (kendaraan M/T) tidak ditekan dan engine switch ditekan dan posisi power supply akan berubah sbb :
Tekan satu kali dari OFF          berubah ke  ACC
Tekan dua kali dari  OFF           berubah ke ON
Tekan tiga kali dari OFF           kembali ke  OFF
Operasi Steering lock
Steering lock akan beroperasi ke  Lock ketika posisi power supply OFF dan ditambah syarat berikut :
Menutup semua pintu (kecuali tail gate)
Menekan tombol lock di KOS-key
Lock pintu menggunakan KOS system (menekan switch di  hadle pintu )
Ketika battery KOS-key battery tegangannya rendah/lemah
Di kasus ini, meng- unlock pintu menggunakan emergency key (mechanical key), kemudian masukkan  KOS-key ke dalam key-box yang ada di glove box, ini memungkinkan engine akan hidup.

KOS-ECU
Mengontrol KOS dengan menggunakan input/output dan juga berkomunikasi
Input signal dari 2 switch pintu depan, switch release dan lock tail gate
Komunikasi dengan  ETACS-ECU, OSS-ECU and Combination meter melalui CAN bus line.
Berkomunikasi secara Wireless KOS-key melalui key box built-in antenna and interior/exterior transmitter antenna.
Memberikan Output ke buzzer luar.
Memberikan Output permisi signal ke  ESL ( Electrical Steering Lock) untuk mengontrol steering lock.


OSS-ECU
(One-touch Start System-ECU)

Mengontrol OSS dengan menggunakan inputs/output and berkomunikasi.
Input signal dari engine switch.
Input signal dari stop lamp switch. (for CVT)
Input signal dari clutch switch (for M/T) or switch deteksi  P range (CVT).
Input signal dari monitor signal that the permission for actuator control of electrical steering lock unit via wire.
Memberikan Output signal ke KOS-ECU untuk  back-up power supply for KOS via wire.
Memberikan Output power supply ke  the electrical steering lock unit.
Berkomunikasi KOS-ECU, ETACS-ECU, Engine-ECU and Combination meter-ECU melalui via CAN bus line.
Berkomunikasi dengan electrical steering lock unit melalui LIN bus line.

ESL (Electrical Steering Lock unit)
Mekanisme kunci steering menggabungkan mekanisme yang secara elektrik untuk membuka/membebaskan penguncian steering. Bila melepaskan penguncian steering selama 30 detik dengan cara komunikasi sertifikasi dengan OSS-ECU melalui LIN komunikasi, power supply untuk memberikan izin sinyal yang diperoleh melalui komunikasi wire, dan sinyal aktuator/penggerak dari KOS –ECU

Key box
Dipasang di glove box. mempunyai RF antenna untuk immobilizer. Jika  KOS key’s kondisi battery lemah, masukkan KOS key ke Key Box seperti proses immobilizer key.

Engine switch
Merubah status power supply dari OFF ke  ACC, IG-ON, men-start engine by pushing.  Dan dapat mematikan engine. Saat kendaraan jalan, switch ditekan lebih dari 3 s atau lebih dari 3 kali penekanan secara cepat, engine akan mati.

KOS key
Mempunyai transponder, jika battery KOS key lemah,masukkan KOS key ke dalam key box untuk digunakan sebagai immobilizer key.

Clutch switch (M/T) / Stop lamp switch (CVT)
Sebagai sinyal izin untuk starting engine. Jika clutch/Brake pedal ditekan, power supply berubah dari OFF ke ON. Engine dapat hidup/start ketika switch ditekan. Jika clucth//Brake pedal tidak ditekan, power supply akan berubah dari OFFF ke ACC keika ditekan engine switch.

P range detection switch (CVT)
Ketika mematikan engine dgn engine switch; Jika selector pada posisi P , power supply akan OFF. jika selector lever tidak pada posisi  P , mka power supply akan ke posisi ACC.


Dengan teknologi yang semakain berkembang kendaraan tidak lagi menggunakan kunci kontak untuk menghidupkan mesin,hanya dengan mengantongi KOS maka mesin dapat di hidupkan dengan sekali tekan pada tombol OSS.





























Komentar