CARA MENGURAS MINYAK POWER STEERING

CARA MENGURAS MINYAK POWER STEERING



Pada kendaraan sekarang untuk steering biar lebih ringan dan stabil dalam mengendarainya pabrik menggunakan power steering tipe minyak.Untuk perawatanya biar power steering awet perlu di lakukan penggantian minyak power steering secara berkala yaitu penggantian di lakukan setiap 50.000 km.Jika tidak di lakukan penggantian maka lama kelamaan oli atau minyak ada batas umurnya.Minyak bila sudah lama di pakai maka akan terjadi tingkat melumasinya berkurang sehingga akan berakibat komponen dalam sistem power steering akan cepat aus dn akhirnya rusak.

Sebelum ke tahap cara ,menguras minyak power steering saya akan jelaskan apa saja komponen yang ada pada sistem kerja power steering itu sendiri.Komponennya adalah :
1.Gear Box Power Steering
2.Pompa Power Steering
3.Reservoir untuk tempat minyak power steering
4.Selang penghubung antara gear box,pompa dan reservoir.

Setelah tahu apa saja komponennya saya akan jelaskan lebih lanjut cara menguras minyak power steering yang bisa anda lakukan di rumah yaitu sbb:
1.Siapkan wadah atau tempat untuk menampung minyak power steering bekas yang di keluarkan oleh kendaraan
2.Dongkrak kendaraan bagian depan sampai roda menggantung dan di sangga dengan rigid raack
3.Lepas semua dua selang yang ada pada reservoir seperti pada gambar di atas,kemudian selang tersebut di tujukan ke wadah atau tempat penampungan minyak power steering agar tidak tercecer di lantai.
4.Start kunci kontak sambil steering di putar penuh ke kanan dan kekiri berulang-ulang sampai minyak dalam pompa dan gear box habis keluar semua.

Ingat start kendaraan jangan sampai mesin hidup cukup posisi start agar mesin berputar sesaat.Jika mesin menyala dan berputar maka minyak akan keluar dengan cepat dan bisa menyebabkan keausan pada komponen power steering.Lakukan proses ini dengan start mesin berkali kali sambil memutar steering kekanan dan kekiri.Jika minyak yang keluar dari dua selang tadi sudah tidak ada maka menandakan bahwa minyak power steering dalam gear box dan pompa sudah keluar semua.
Proses selanjutnya adalah pengisian kembali minyak power steering yang baru ke dalam reservoir.

5.Setelah selesai proses pembuangan minyak yang lama maka sebelum mengisi minyak baru,pasang kembali dua selang yang kita lepas tadi di reservoir.Jangan lupa klem selang di pasang dengan baik agar minyak tidak rembes atau bocor.
6.Isi minyak power steering ke dalam reservoir dengan steering di putar kekanan dan ke kiri penuh pada posisi mesin mati.Ini untuk mengalirkan minyak ke dalam steering gearbox agar saat mesin nanti di hidupkan maka pompa akan segera cepat akan terisi.Lakukan proses ini berulang sampai lima kali putaran kekanan dan lima kali putaran ke kiri.
7.Start mesin jangan sampai hidup sambil memutar steering ke kanan dan kekiri dengan tetap mengisi minyak power steering jika volume minyak menurun.Ulangi langkah ini sampai di dapat jumlah minyak power di reservoir steering pada batas maximal.
8.Langkah terakhir hidupkan mesin dengan tetap steering di putar ke kanan dan kekiri sampai minyak di reservoir tidak ada busanya dan volume juga tetap pada posisi maksimal.

Turunkan kendaraan lepas rigid penyangga kendaraan dan bersihkan sisa minyak power steering yang tumpah agar kendaraan anda tetap terlihat bersih.Lakukan tes jalan dan rasakan steering apakah mengalami kendala atau tidak,Jika di rasakan steering saat jalan lurus dan belok tidak merasakan yang hal aneh maka proses penggantian minyak power steering anda di rumah berhasil.

Semoga bermanfaat dan salam sukses

Komentar