Common Rail System Pada Engine Mitsubishi - SUPPLY PUMP

COMMON RAIL SYSTEM PADA KENDARAAN MITSUBISHI_SUPPLY PUMP

Pada kendaraan Mitsubishi sekarang telah berkembang mesin diesel dengan teknologi Common Rail seperti kendaraan Pajero Sport dan Strada Triton.Adapun komponen utama yang mendukung untuk Common Rail System bekerja harus ada Sensor,ECU dan Actuator.



Komponen tersebut terdiri dari
SUPPLY PUMP
Supply Pump berfungsi untuk memompakan bahan bakar dari tangki ke Rail.Di dalam Supply pump terdapat SCV(Sucntion Control Valve),Fuel Temperatur Sensor dan 2 plunger yang bergerak naik turun untuk memompa bahan bakar.
Feed Pump fungsinya untuk menghisap fuel dari tangki dan mendorong ke arah SCV
Regulator Valve fungsinya menjaga terjadinya over pressure
Sunction Control Valve fungsinya mengatur aliran bahan bakar dari feed pump ke rail yang valve nya bekerja sesuai perintah dari ECU
Plunger fungsinya menghisap dan mengalirkan bahan bakar menuju delivery valve
Delivery Valve fungsinys membuka aliran bahan bakar ke plunger untuk di kompresi menjadi bahan bakar bertekanan yang akan di alirkan ke Rail
Suction Valve fungsinya mengalirkan bahan bakar ke pressure chamber.

Aliran dalam Supply Pump di bagi menjadi 2 bagian yaitu Low Pressure dan High Pressure
Pada SCV ( Sunction Control Valave ) bekerja secara DUTY yang di kontrol oleh ECU.Lamanya pembukaan valve pada SCV adalah lamanya arus yang mengalir untuk mengontrol jumlah bahan bakar yang di kirimkan ke plunger.
Saat arus mengalir ke SCV maka tegangan di bangkitkan sesuai dengan duty ratio dan dapat mengerakan valve maju mundur sesuai dengan perubahan pembukaan jalur fuel .Denagn membuat SCV ON OFF fuel yang dikirimkan jumlahnya mengikuti signal duty  ratio.Untuk SCV adalah tipe Normaly Open Valve yaitu valve terbuka meskipun tidak di aliri tegangan.Saat SCV OFF maka return spring bekerja dan membuka saluran fuel dan memberikan fuel ke plunger sehingga bahan bakar yang mengalir jumlahnya banyak.

Komentar