RAIL PADA COMMON RAIL SYSTEM

RAIL PADA COMMON RAIL SYSTEM

Sebelumnya saya membahas tentang Supply Pump pada common rail system,dimana di dalam supply pump ada beberapa sensor dan komponen yang sebagian berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar bertekanan tinggi menuju RAIL.


RAIL di dalam common rail system berfungsi untuk menyimpan bahan bakar yang bertekanan dari supply pumpdan akan di alirkan ke masing masing injector.Di RAIL terdapat sensor yaitu Rail Pressure Sensor dan Pressure limiter.Saya akan bahas satu persatu untuk masing-masing cara kerja dan fungsinya sensor tersebut.

1.RAIL PRESSURE SENSOR
Rail pressure sensor ini bekerja secara electronic yang berfungsi untuk mengetahu tekanan bahan bakar di dalam rail dan memeberikan informasi tekanan bahan bakar tersebut ke ECU (Engine Control unit).Di sensor ini ada tiga pin yang artinya tiga kabel dalam satu socket yang masuk ke rail pressure sensor,yaitu kabel pertama untuk tegangan masuk dari ECU sebesar 5 volt,kabel yang kedua ground,kabel yang ketiga adalah tegangan output dari rail pressure sensor sesuai yang di baca pada tekanan bahan bakar.Tegangan yang di keluarkan oleh rail pressure sensor yang di berikan ke ECU berbanding lurus dengan tekanan bahan bakar yang artinya jika tekanan bahan bakar naik maka tegangan output juga naik dan jika tekanan bahan bakar menurun maka tegangan output juga akan menurun.

2.PRESSURE LIMITER
Pressure limiter ini bekerjanya bukan lagi secara electronic akan tetapi bekerja secara manual,yaitu di dalam pressure limiter terdapat spring yang menahan tekanan bahan bakar di dalam rail.
Fungsi dari pressure limiter yaitu untuk menghilangkan tekanan bahan bakar tinggi yang abnormal terjadi di dalam rail.Bila tekanan di dalam tekanan rail mancapai sekitar 221 Mpa maka valve pressure limiter akan terbuka yang mampu mengalahkan tekanan spring didalam pressure limiter.Jika tekanan bahan bakar mulai turun mencapai 50 Mpa maka valve akan menutup lagi karena tekanan dari spring,sehingga tekanan bahan bakar akan selalu di jaga agar tekanan tetap.

Untuk membaca tekanan bahan bakar di dalam rail dapat kita gunakan scan kalau dari mitsubushi namanya MUT III sehingga akan terdeteksi berapa tekanan dari supply pump yang masuk ke dalam rail.Standar tekanan bahan bakar adalah 30 Mpa,jika tekanan kurang dari standar dapat di mungkinkan terjadi kebocoran bahan bakar ,entah itu dari selang bahan bakar,injector atau dari rail itu sendiri sehingga menyebabkan waktu awal starter mesin akan susah di hidupkan.

By NahEV Autoservices

Komentar