FUNGSI TURBOCHARGER PADA KENDARAAN
Pada kendaraan terutama engine yang berbahan bakar diesel pada era sekarang ini banyak yang mengadopsi turbocharger pada mesinnya.Kenapa sekarang banyak di pakai di kendaraan diesel dari pada kendaraan bensin karena berbagai banyak alasan.Di pasang di kendaraan diesel agar power atau tenaga pada mesin diesel lebih besar.
Turbocharger adalah komponen tambahan pada engine yang berfungsi untuk menambah jumlah udara ke dalam silinder atau ruang bakar di dalam mesin.Untuk itu udara yang masuk bertambah juga bahan bakar yang di semprotkan bertambah maka tenaga yang di hasilkan lebih besar dari pada engine yang sama tanpa turbocharger.
Keuntungan engine yang menggunakan Turbocharger adalah
1. Desain turbocharger yang kecil dan ringan tetapi output sangat besar bisa sampai 30-60%
2.Menghemat bahan bakar
saya jelaskan kenapa bisa menghemat bahan bakar di karenakan bahan bakar akan terbakar sempurna
dan tenaga mesin bisa langsung di rasakan oleh pengemudi sehingga pengemudi tidak perlu menekan pedal
gas terlalu dalam untuk meningkatkan power sehingga akan mengurangi tenaga atau power yang hilang
percuma.
3.Kebisingan mesin akan berkurang karena saluran gas buang yang di gunakan untuk memutarkan turbin
pada turbocharger.
4.Mengurangi output drop pada dataran tinggi di karenakan di dataran tinggi udara sangat tipis makan dengan adanya turbo charger jumlah udara yang masuk ke mesin tetap stabil.
Saya akan menjelaskan cara sederhana dari turbocharger pada kendaraan.Gmabar di atas adalah konstruksi sederhana dari turbocharger.Turbocharger di pasang pada bagian exhaust manifold atau pada knalpot.Di dalam turbocharger terdapat turbin dan kompresor yang di hubungkan dengan poros untuk dapat berputar bersama-sama.Untuk turbin di gerakan oleh aliran gas buang yang melewati turbin ke knalpot,sehingga turbin agar berputar karena dorongan gas buang sisa hasil pembakaran.Karena turbin da n kompresor menjadi satu karena di hubungkan oleh poros makan kompresor akan ikut berputar sehingga udara bersih dari luar di hisap oleh putaran kompresor pada turbocharger kamudian masuk ke filter udara ke turbo dan masuk ke intercooler dan terakhir masuk ke mesin.Begitulah cara sederhana cara kerja dari turbocharger yang dapat mengahsilakn output power yang sangat besar.
Tadi saya membahas tentang turbo dan sekarang ini saya akan membahas komponen lain yaitu intercooler.Komponen ini di pasang di depan radiator yang berfungsi untuk mendinginkan udara.Anda pasti bertanya tanya kenapa udara harus di dinginkan.....?
Saya akan menjawabnya...
Udara yang di hasilkan oleh turbocharger terasa panas ,nah kalau udara panas makan akan udara tersebut tidak padat dalam arti udaranya kurang sempurna jika masuk ke dalam mesin,maka untuk mengatasi permasalahan ini di pakai intercooler untuk mendinginkan udara agar udara tersebut menjadi pebih padat dan pembakaran juga sempurna dan tenaga mesin lebih opptimal.
Belajar cara kerja dari turbocharger,desain yang kecil dengan manfaat yang sangat besar
Semoga sukses.....
Pada kendaraan terutama engine yang berbahan bakar diesel pada era sekarang ini banyak yang mengadopsi turbocharger pada mesinnya.Kenapa sekarang banyak di pakai di kendaraan diesel dari pada kendaraan bensin karena berbagai banyak alasan.Di pasang di kendaraan diesel agar power atau tenaga pada mesin diesel lebih besar.
Turbocharger adalah komponen tambahan pada engine yang berfungsi untuk menambah jumlah udara ke dalam silinder atau ruang bakar di dalam mesin.Untuk itu udara yang masuk bertambah juga bahan bakar yang di semprotkan bertambah maka tenaga yang di hasilkan lebih besar dari pada engine yang sama tanpa turbocharger.
Keuntungan engine yang menggunakan Turbocharger adalah
1. Desain turbocharger yang kecil dan ringan tetapi output sangat besar bisa sampai 30-60%
2.Menghemat bahan bakar
saya jelaskan kenapa bisa menghemat bahan bakar di karenakan bahan bakar akan terbakar sempurna
dan tenaga mesin bisa langsung di rasakan oleh pengemudi sehingga pengemudi tidak perlu menekan pedal
gas terlalu dalam untuk meningkatkan power sehingga akan mengurangi tenaga atau power yang hilang
percuma.
3.Kebisingan mesin akan berkurang karena saluran gas buang yang di gunakan untuk memutarkan turbin
pada turbocharger.
4.Mengurangi output drop pada dataran tinggi di karenakan di dataran tinggi udara sangat tipis makan dengan adanya turbo charger jumlah udara yang masuk ke mesin tetap stabil.
Saya akan menjelaskan cara sederhana dari turbocharger pada kendaraan.Gmabar di atas adalah konstruksi sederhana dari turbocharger.Turbocharger di pasang pada bagian exhaust manifold atau pada knalpot.Di dalam turbocharger terdapat turbin dan kompresor yang di hubungkan dengan poros untuk dapat berputar bersama-sama.Untuk turbin di gerakan oleh aliran gas buang yang melewati turbin ke knalpot,sehingga turbin agar berputar karena dorongan gas buang sisa hasil pembakaran.Karena turbin da n kompresor menjadi satu karena di hubungkan oleh poros makan kompresor akan ikut berputar sehingga udara bersih dari luar di hisap oleh putaran kompresor pada turbocharger kamudian masuk ke filter udara ke turbo dan masuk ke intercooler dan terakhir masuk ke mesin.Begitulah cara sederhana cara kerja dari turbocharger yang dapat mengahsilakn output power yang sangat besar.
Tadi saya membahas tentang turbo dan sekarang ini saya akan membahas komponen lain yaitu intercooler.Komponen ini di pasang di depan radiator yang berfungsi untuk mendinginkan udara.Anda pasti bertanya tanya kenapa udara harus di dinginkan.....?
Saya akan menjawabnya...
Udara yang di hasilkan oleh turbocharger terasa panas ,nah kalau udara panas makan akan udara tersebut tidak padat dalam arti udaranya kurang sempurna jika masuk ke dalam mesin,maka untuk mengatasi permasalahan ini di pakai intercooler untuk mendinginkan udara agar udara tersebut menjadi pebih padat dan pembakaran juga sempurna dan tenaga mesin lebih opptimal.
Belajar cara kerja dari turbocharger,desain yang kecil dengan manfaat yang sangat besar
Semoga sukses.....
Komentar
Posting Komentar