APA ITU AUTOMATIC TRANSMISSION
Pada kendaraan yang tidak menggunakan kopling untuk penggerak tenaga dari mesin ke roda yaitu dengan transmisi otomatis,bagaimana cara kerjanya dan apa itu transmisi otomatis sekarang saya akan bahas agar anda dapat menggunakan dan mengoperasikan transmisi otomatis secara baik dan benar.
Apa itu transmisi otomatis?
Sering kita memakai dan menggunakan transmisi otomatis akan tetapi belum mengetahui dan cara menggunakan dengan baik dan benar.transmisi otomatis ini merupakan perpindahan giginya secara otomatis yang sesuai dengan pemindahan change lever atau selector lever dan juga sesuai dengan aliran hidrolik.Untuk perpindahan giginya secara berurutan yaitu dari gigi 1 ke 2 ke 3 ke 4 dan seterusnya,tidak seperti transmisi manual yang perpindahannya bisa meloncat dari gigi 1 ke gigi 3.Transmisi otomatis ini tidak bisa loncat gigi karena berdasarkan sensor yang masuk yaitu trotle valve dan vehicle speed sensor yang semuanya di atur oleh transmisi control unit ( TCU ).
Di dalam transmisi control unit terdapat yang namanya shift pattern dan pengontrolan system yang dimana transmisi control unit akan mengerakan actuator yaitu sebuah solenoid untuk mengalirkan dan mengatur aliran minyak hidrolik di dalam valve body atau sering di sebut rumah tawon karena valve body ini bentuknya seperti rumah tawon atau rumah lebah.Aliran hidrolik ini akan mengoperasikan kerja clutch dan brake sesuai dengan perpindahan gigi yang terjadi.
Untuk itu anda sudah mengetahui perbedaan transmisi otomatis dengan transmisi manual yaitu diantaranya adalah sebagai berikut
1.Perpindahan gigi untuk transmisi otomatis secara berurutan dan tidak ada loncat gigi transmisi
2.Pengontrolan pindah gigi secara otomatis dengan di kontrol oleh transmisi control unit
3.Untuk transmisi otomatis tidak menggunakan pedal kopling akan tetapi menggunakan sensor
4.Hanya pada posisi P dan N pada selector lever yang bisa di lakukan untuk men start engine
5.Oli transmisi otomatis juga memakai oli khusus yaitu Automatic tranmision Fluid
6.Menggunakan pompa oli pada transmisi otomatis untuk mengalirkan oli secara cepat karena kerja transmisi yang berat.
Transmisi otomatis sangat mudah mengoperasikanya akan tetapi jika memakainya secara kasar dan tidak benar berakibat fungsi dan beberapa komponen transmisi otomatis akan tidak bekerja secara maksimal,semoga bermanfaat dan salam sukses.
Pada kendaraan yang tidak menggunakan kopling untuk penggerak tenaga dari mesin ke roda yaitu dengan transmisi otomatis,bagaimana cara kerjanya dan apa itu transmisi otomatis sekarang saya akan bahas agar anda dapat menggunakan dan mengoperasikan transmisi otomatis secara baik dan benar.
Apa itu transmisi otomatis?
Sering kita memakai dan menggunakan transmisi otomatis akan tetapi belum mengetahui dan cara menggunakan dengan baik dan benar.transmisi otomatis ini merupakan perpindahan giginya secara otomatis yang sesuai dengan pemindahan change lever atau selector lever dan juga sesuai dengan aliran hidrolik.Untuk perpindahan giginya secara berurutan yaitu dari gigi 1 ke 2 ke 3 ke 4 dan seterusnya,tidak seperti transmisi manual yang perpindahannya bisa meloncat dari gigi 1 ke gigi 3.Transmisi otomatis ini tidak bisa loncat gigi karena berdasarkan sensor yang masuk yaitu trotle valve dan vehicle speed sensor yang semuanya di atur oleh transmisi control unit ( TCU ).
Di dalam transmisi control unit terdapat yang namanya shift pattern dan pengontrolan system yang dimana transmisi control unit akan mengerakan actuator yaitu sebuah solenoid untuk mengalirkan dan mengatur aliran minyak hidrolik di dalam valve body atau sering di sebut rumah tawon karena valve body ini bentuknya seperti rumah tawon atau rumah lebah.Aliran hidrolik ini akan mengoperasikan kerja clutch dan brake sesuai dengan perpindahan gigi yang terjadi.
Untuk itu anda sudah mengetahui perbedaan transmisi otomatis dengan transmisi manual yaitu diantaranya adalah sebagai berikut
1.Perpindahan gigi untuk transmisi otomatis secara berurutan dan tidak ada loncat gigi transmisi
2.Pengontrolan pindah gigi secara otomatis dengan di kontrol oleh transmisi control unit
3.Untuk transmisi otomatis tidak menggunakan pedal kopling akan tetapi menggunakan sensor
4.Hanya pada posisi P dan N pada selector lever yang bisa di lakukan untuk men start engine
5.Oli transmisi otomatis juga memakai oli khusus yaitu Automatic tranmision Fluid
6.Menggunakan pompa oli pada transmisi otomatis untuk mengalirkan oli secara cepat karena kerja transmisi yang berat.
Transmisi otomatis sangat mudah mengoperasikanya akan tetapi jika memakainya secara kasar dan tidak benar berakibat fungsi dan beberapa komponen transmisi otomatis akan tidak bekerja secara maksimal,semoga bermanfaat dan salam sukses.
Komentar
Posting Komentar