BELAJAR CARA KERJA RELAY PADA KENDARAAN
Pada setiap kendaraan pasti di lengkapi dengan sistem kelistrikan dan sistem kelistrikan kebanyakan pada kendaraan menggunakan relay.Anda yang punya kendaraan harus sedikit tahu tentang komponen kendaraan agar bila terjadi suatu masalah atau terjadi mogok di jalan yang di akibatkan hal sederhana anda bisa memperbaikinya sendiri.
Pada sistem kelistrikan lampu misalnya pada kendaraan banyak yang menggunakan relay untuk membantu memperkuat tegangan agar tidak drop.Ada yang belum tahu bentuk dari relay itu sendiri coba lihat gambar berikut.
Yang belum tahu relay gambar di atas adalah salah satu bentuk relay yang di gunakan pada kendaraan.Jenisnya banyak dan juga bentuknya berbeda-beda tapi yang umum di pakai pada kendaraan adalah relay seperti gambar di atas.Untuk semua relay mempunyai kaki 4 ada yang juga kaki 5.Pada kaki relay terdapat tanda 30,85,86,87 nah ayo kita belajar arti dari kode tersebut.untuk semua relay pasti mempunyai kode kaki yang sama seperti itu.
Untuk kode 30 : Di gunakan untuk tegangan langsung yang masuk dari baterai atau aki
85 : Di gunakan untuk tegangan yang dari switch
86 : Di gunakan untuk sambungan ke ground atau minus baterai
87 : Di gunakan untuk sambungan tegangan ke komponen
Sekarang bagaimana relay itu bekerja
Jika tegangan baterai melalui switch masuk ke terminal 85 dan terminal 86 di hubungkan ke ground maka kumparan di dalam relay akan terjadi kemagnetan sehingga switch tembaga di dalam relay akan tertarik oleh kemagnetan tadi sehingga terminal 30 dan 87 akan terhubung.Jika di lakukan pemeriksaan dengan ohm meter pada terminal 30 dan 87 ohm meter akan bergerak yang artinya terhubung menandakan relay dalam kondisi baik.jika ohm meter tidak terhubung bisa jadi relay dalam kondisi rusak.
Begitu mudah dan sederhana dalam belajar cara kerja dari relay,setelah tahu cara kerjanya maka kita bisa mencoba untuk memeriksa relay itu rusak atau masih baik.Bila anda berkendara di malam hari dan tiba -tiba lampu mati maka anda bisa melakukan pemeriksaan pada relay itu sendiri atau pada sakeringnya jadi anda tidak perlu khawatir karena anda bisa memperbaiki sendiri dalam waktu yang darurat.Untuk besoknya baru anda bawa kendaraan ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pengguna kendaraan yang awam akan dunia perbengkelan,jangan lupa share ke temen dekat dan berbahagialah selalu.
Pada setiap kendaraan pasti di lengkapi dengan sistem kelistrikan dan sistem kelistrikan kebanyakan pada kendaraan menggunakan relay.Anda yang punya kendaraan harus sedikit tahu tentang komponen kendaraan agar bila terjadi suatu masalah atau terjadi mogok di jalan yang di akibatkan hal sederhana anda bisa memperbaikinya sendiri.
Pada sistem kelistrikan lampu misalnya pada kendaraan banyak yang menggunakan relay untuk membantu memperkuat tegangan agar tidak drop.Ada yang belum tahu bentuk dari relay itu sendiri coba lihat gambar berikut.
Yang belum tahu relay gambar di atas adalah salah satu bentuk relay yang di gunakan pada kendaraan.Jenisnya banyak dan juga bentuknya berbeda-beda tapi yang umum di pakai pada kendaraan adalah relay seperti gambar di atas.Untuk semua relay mempunyai kaki 4 ada yang juga kaki 5.Pada kaki relay terdapat tanda 30,85,86,87 nah ayo kita belajar arti dari kode tersebut.untuk semua relay pasti mempunyai kode kaki yang sama seperti itu.
Untuk kode 30 : Di gunakan untuk tegangan langsung yang masuk dari baterai atau aki
85 : Di gunakan untuk tegangan yang dari switch
86 : Di gunakan untuk sambungan ke ground atau minus baterai
87 : Di gunakan untuk sambungan tegangan ke komponen
Sekarang bagaimana relay itu bekerja
Jika tegangan baterai melalui switch masuk ke terminal 85 dan terminal 86 di hubungkan ke ground maka kumparan di dalam relay akan terjadi kemagnetan sehingga switch tembaga di dalam relay akan tertarik oleh kemagnetan tadi sehingga terminal 30 dan 87 akan terhubung.Jika di lakukan pemeriksaan dengan ohm meter pada terminal 30 dan 87 ohm meter akan bergerak yang artinya terhubung menandakan relay dalam kondisi baik.jika ohm meter tidak terhubung bisa jadi relay dalam kondisi rusak.
Begitu mudah dan sederhana dalam belajar cara kerja dari relay,setelah tahu cara kerjanya maka kita bisa mencoba untuk memeriksa relay itu rusak atau masih baik.Bila anda berkendara di malam hari dan tiba -tiba lampu mati maka anda bisa melakukan pemeriksaan pada relay itu sendiri atau pada sakeringnya jadi anda tidak perlu khawatir karena anda bisa memperbaiki sendiri dalam waktu yang darurat.Untuk besoknya baru anda bawa kendaraan ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pengguna kendaraan yang awam akan dunia perbengkelan,jangan lupa share ke temen dekat dan berbahagialah selalu.
Komentar
Posting Komentar