BELAJAR KOMPONEN PADA TRANSMISI OTOMATIS
Hallo sobat gimana kabarnya semua,semoga masih selalu di beri perlindungan oleh tuhan yang maha esa.Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang bagian komponen utama dari transmisi otomatis.Dari artikel sebelumnya saya sudah mengulas tentang apa itu transmisi otomatis dan sekarang saya akan membawa anda lebih tahu dan mengerti lagi tentang transmisi otomatis.
Seperti halnya trnasmisi manual bentuk dari transmisi otomatis juga hampir sama akan tetapti isi dalam komponen yang membuat berbeda fungsi dan cara kerjanya.Mari kita sebut satu persatu komponen apa saja yang ada di dalamnya.
1.TORQUE CONVERTER
Bentuk dari torque converter adalah seperti pada gambar di atas,yang terdiri dari beberapa komponen yang menjadi satu kesatuan tidak terpisahkan.Yang artinya jika torque converter di belah makan dalamnya akan seperti terlihat pada gambar di atas.Komponen ini berfungsi pengganti kopling pada transmisi manual akan tetapi cara kerjanya tergantung dari tekanan hidrolik minyak transmisi otomatis.Jadi fungsinya menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi otomatis
2.POMPA OLI
Untuk transmisi manual tidak di lengakapi dengan pompa oli karena oli yang ada di dalam transmisi manual sudah bisa melumasi komponen gear sesuai dengan putaran gear itu sendiri.Berbeda dengan transmisi otomatis sangat di perlukan yang namanya pompa oli karena untuk membangkitkan tekanan hidrolik minyak transmisi otomatis dan juga sebagai pelumasan pada komponen itu sendiri.
3.GEAR UNIT
Di dalam transmisi otomatis juga terdapat gera atau gigi transmisi akan tetapi tidak serumit pada transmisi manual.Hanya di dalamnya terdapat sebuat lembaran plat yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutus juga sebagai membatasi pergerakan gigi transmisi atau juga bisa di sebut dengan gaya pengereman.Gear ini merupakan gabungan dari berbagai gear di mana tiap gearnya ada yang berfungsi sebagai input,output dan ada pula yang di tahan.Dengan kombinasi seperti itu akan di dapatkan bermacam macam gear ratio untuk kecepatan maju maupun mundur dengan kombinasi clutch dan brake pada transmisi otomatis.Dimana ketika clutch bekerja maka akan ada satu gear yang tenaganya di hubungkan dengan putaran input shaft dan ketika brake bekerja maka akan ada satu bagian gear unit yang di tahan.
4.HIDROLIK CONTROL UNIT
Sistem ini berfungsi untuk mengatur tekanan hidrolik yang di bangkitkan oleh pompa oli kemudian akan di salurkan ke dalam clutch dan brake menggunakan media automatic transmision fluid ( ATF ) dimana pergerakan actuator atau solenoid yang di perintahkan oleh transmisi control unit ( TCU ) sesuai dengan kondisi pengendaraan.
5.TRANSMISI CONTROL UNIT (TCU)
Control unit ini yang mengatur semua actuator atau solenoid atas masukan dari beberapa sensor.Terdapat peta shift pattern sebagai tempat kontrol kendaraan di mana kalau terjadi trouble pada kendaraan akan terjadi fail safe dan transmisi akan selalu masuk gigi tiga.
Itulah komponen utama dalam transmisi otomatis dan sangat besar perananya sehingga transmisi otomatis dapat bekerja maksimal sesuai dengan perintah pengemudi yaitu sesuai dengan tekanan pada pedal gas dari driver agar kendaraan dapat segera berpacu dengan kecepatan.
Hallo sobat gimana kabarnya semua,semoga masih selalu di beri perlindungan oleh tuhan yang maha esa.Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang bagian komponen utama dari transmisi otomatis.Dari artikel sebelumnya saya sudah mengulas tentang apa itu transmisi otomatis dan sekarang saya akan membawa anda lebih tahu dan mengerti lagi tentang transmisi otomatis.
Seperti halnya trnasmisi manual bentuk dari transmisi otomatis juga hampir sama akan tetapti isi dalam komponen yang membuat berbeda fungsi dan cara kerjanya.Mari kita sebut satu persatu komponen apa saja yang ada di dalamnya.
1.TORQUE CONVERTER
Bentuk dari torque converter adalah seperti pada gambar di atas,yang terdiri dari beberapa komponen yang menjadi satu kesatuan tidak terpisahkan.Yang artinya jika torque converter di belah makan dalamnya akan seperti terlihat pada gambar di atas.Komponen ini berfungsi pengganti kopling pada transmisi manual akan tetapi cara kerjanya tergantung dari tekanan hidrolik minyak transmisi otomatis.Jadi fungsinya menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi otomatis
2.POMPA OLI
Untuk transmisi manual tidak di lengakapi dengan pompa oli karena oli yang ada di dalam transmisi manual sudah bisa melumasi komponen gear sesuai dengan putaran gear itu sendiri.Berbeda dengan transmisi otomatis sangat di perlukan yang namanya pompa oli karena untuk membangkitkan tekanan hidrolik minyak transmisi otomatis dan juga sebagai pelumasan pada komponen itu sendiri.
3.GEAR UNIT
Di dalam transmisi otomatis juga terdapat gera atau gigi transmisi akan tetapi tidak serumit pada transmisi manual.Hanya di dalamnya terdapat sebuat lembaran plat yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutus juga sebagai membatasi pergerakan gigi transmisi atau juga bisa di sebut dengan gaya pengereman.Gear ini merupakan gabungan dari berbagai gear di mana tiap gearnya ada yang berfungsi sebagai input,output dan ada pula yang di tahan.Dengan kombinasi seperti itu akan di dapatkan bermacam macam gear ratio untuk kecepatan maju maupun mundur dengan kombinasi clutch dan brake pada transmisi otomatis.Dimana ketika clutch bekerja maka akan ada satu gear yang tenaganya di hubungkan dengan putaran input shaft dan ketika brake bekerja maka akan ada satu bagian gear unit yang di tahan.
4.HIDROLIK CONTROL UNIT
Sistem ini berfungsi untuk mengatur tekanan hidrolik yang di bangkitkan oleh pompa oli kemudian akan di salurkan ke dalam clutch dan brake menggunakan media automatic transmision fluid ( ATF ) dimana pergerakan actuator atau solenoid yang di perintahkan oleh transmisi control unit ( TCU ) sesuai dengan kondisi pengendaraan.
5.TRANSMISI CONTROL UNIT (TCU)
Control unit ini yang mengatur semua actuator atau solenoid atas masukan dari beberapa sensor.Terdapat peta shift pattern sebagai tempat kontrol kendaraan di mana kalau terjadi trouble pada kendaraan akan terjadi fail safe dan transmisi akan selalu masuk gigi tiga.
Itulah komponen utama dalam transmisi otomatis dan sangat besar perananya sehingga transmisi otomatis dapat bekerja maksimal sesuai dengan perintah pengemudi yaitu sesuai dengan tekanan pada pedal gas dari driver agar kendaraan dapat segera berpacu dengan kecepatan.
Komentar
Posting Komentar