LANGKAH SEDERHANA MENGATASI TROUBLE SHOOTING PADA KENDARAAN

LANGKAH-LANGKAH MENGATASI TROUBLE SHOOTING PADA KENDARAAN

Sekarang saya mau berbagi untuk teman-teman bengkel yang sering mengalami masalah dalam memecahkan trouble shooting pada kendaraan.Untuk trouble pada kendaraan yang paling sulit dan banyak membuat mekanik atau pemilik bengkel sampai pusing adalah trouble electric.Gimana lagi kalau kendaraan injeksi dengan menggunakan berbagai teknologi modern yang di kontrol secara electronic menggunakan electronic control unit (ECU) pasti semakin susah dalam mengatasi trouble shooting.Maka untuk itu juga saya akan berbagi tips dan info untuk mengatasi toruble yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari di dunia perbengkelan.





Langkah untuk mengatasi trouble yang pertama adalah sebagai berikut :
1.Kita tentukan dan cek dulu phenomenanya  apakah trouble di tentukan dari luar atau memang bawaan mobil dari kendaraan baru.
2.Tentukan apakah ada trouble atau tidak,jika memang ada trouble kita ke langkah selanjutnya
3.Estimasi penyebab dari trouble tersebut dari apa kira-kira memprediksi
4.Periksa dari mana trouble itu terjadi,cek area dan lokasi penyebabnya
5Jika sudah di temukan masalahnya maka cegah trouble ulangan jangan samapi terjadi kembali.

Jika anda mengalami trouble yang kadang-kadang maka proses memperbaikinya juga berbeda dengan trouble yang muncul terus menerus.Untuk itu cara seperti ini dapat anda lakukan yaitu
1.Dengan memberi getaran pada benda yang berhubungan dengan trouble tersebut.Saya contohkan jika trouble lampu yang kadang-kadang mati dan juga tiba-tiba hidup maka getaran di berikan pada relay atau ke socket hubungan lampu tersebut.
2.Wiring harnes atau sambungan socket juga sangat penting,meskipun terlihat socket terpasang tidak ada salahnya jika sambungan di lepas dan di lihat secara visual jika ada hubungan kabel yang kurang nempel.
3.Pemberian dengan cooling dan heater.Cara ini di lakukan jika trouble muncul saat kendaraan pada posisi dingin atau panas sehingga akan lebih mudah saat melakukan perbaikan.
4.Pemberian dengan penyemprotan air.Hal ini biasanya trouble terjadi saat ada air atau waktu hujan sehingga penyemprotan air juga sangat perlu di lakukan.

Hal yang perlu di ketahui jika trouble terjadi karena umur komponen yang sudah waktunya harus di lakukan penggantian.Jika service yang kurang tepat atau prosedure penanganan operasi yang tidak benar maka trouble juga akan tidak teratasi.Jangan sampai dari pemilik kendaraan merasakan itu sebuah masalah padahal seharusnya trouble itu adalah karakteristik dari kendaraan itu sendiri.

Semoga bermanfaat teman,,,,

Komentar