CARA MEMPERBAIKI REM ANGIN COLT DIESEL CANTER

CARA MEMPERBAIKI REM ANGIN COLT DIESEL CANTER

Siapa yang tidak tahu akan kendaraan mitsubishi colt diesel canter,sesungguhnya canter belum memiliki yang namanya rem angin akan tetapi di dunia luar orang awan sering sebut rem angin padahal namanya Exhaust Brake.Salah kaprah ini semakin memasyarakat sehingga istilah exhaust brake hampir tidak di pakai akan tetapi menggunakan kata istilah rem angin.Rem colt diesel sendiri masih menggunakan system hidrolik dengan menggunakan minyak rem sebagai penyalur tenaga ke roda-roda.

Untuk rem angin atau exhaust brake pada col diesel canter terletak di bagian knalpot berdekatan dengan transmisi di bagian kanan.Sekarang saya akan jelaskan pada anda semua bahwa exhausth brake di nyalakan dengan saklar yang semuanya di kotrol oleh switch pada pedal gas,switch pedal kopling,switch pada transmisi juga ada switch relay untuk menghubungkan jalur udara vakum dari pompa vakum ke actuator exhaust brake.Masalah exhaust brake mati sering terjadi pada kendaraan anda.Mari dengan saya belajar bengkel sendiri jika exhaust brake mati.Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.Periksa Fuse khusus untuk exhaust brake,karena system ini sudah di lengkap dengan fuse sebagai pengaman jika konslet
2.Periksa switch yang ada di tiga bagian yaitu di pedal gas,pedal kopling dan di transmisi apakah masih baik atau sudah rusak,tapi sangat jarang sekali switch ini mengalami kerusakan
3.Switch relay penghubung udara vakum juga perlu di lakukan pemeriksaan
4.Jika semuanya normal coba periksa membran dari exhaust brakenya,kemungkinan membran sobek sehingga vakum akan bocor dan membran tidak bisa menarik klep sehingga exhaust brake tidak bekerja





Saya akan memberi sedikit gambaran jika exhaust brake atau rem angin kendaraan colt diesel anda mati.Mati dalam hal ini control exhaust brake tidak menyala menandakan fungsi dari switch dan fuse ada yang tidak beres atau rusak.Anda lihat di dashboard jika control tidak menyala meskipun switch exhaust brake di ON kan maka kemungkinan dari fuse putus,switch pedal gas,switch pedal kopling,dan switch pada transmisi mengalami kerusakan atau setelan dari switch kurang benar.Sekarang gambaran yang kedua adalah control exhaust brake di dashboard menyala akan tetapi rem anginnya tidak berfungsi atau tidak mau mengerem atau menahan laju kendaraan.Hal ini bisa di sebabkan oleh membran pada actuator exhaust brake mengalami kerusakan atau sobek sehingga kerja dari membran tidak maksimal.

Semoga bermanfaat tips saya kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya,semoga sukses kawan.

Komentar