TIPS PEMERIKSAAN KETINGGIAN ATF PADA TRANSMISI OTOMATIS

PROSEDUR PEMERIKSAAN TRANSMISI OTOMATIS

banyak yang bertanya tentang transmisi otomatis atau yang sering di sebut matic.Untuk oli matic berbeda dengan oli transmisi manual.Sebelumnya saya sudah membahas tentang oli transmisi otomatis,sekarang saya akan memberikan sedikit informasi bagaimana pemeriksaan oli transmisi otomatis pada kendaraan anda.






Pemeriksaan oli matic di lakukan dengan cara khusus berbeda dengan cara pemeriksaan oli pada umumnya.langkah yang dapat anda lakukan untuk pemeriksaan oli matic pada kendaraan anda adalah sebagai berikut
1.Tempatkan kendaraan pada posisi yang rata agar saat di lakukan pemeriksaan oli pada tampungan oli matic sesuai pada tempatnya.Jika kendaraan miring maka pemeriksaan jumlah oli matic kurang sempurna
2.Hidupkan mesin sampai temperatur engine sekitar 80 derajat celcius dan temepratur oli matic pada temperatur kerja.Sebaiknya saat melakukan pemeriksaan jumlah oli matic kendaraan di buat jalan terlebih dahulu sampai di dapat temperatur kerja transmisi otomatis yaitu sekitar 70-80 derajat celcius.
3.Posisikan selector lever pada N atau netral
4.Starter mesin dan biarkan kendaraan menyala dalam keadaan idling atau stasioner
5.Periksa ketinggian ATF pada stick oli untuk transmisi otomatis,jangan sampai salah untuk stick oli mesin
6.Ketinggian ATF harus pada posisi HOT,jika kurang maka perlu di tambah agar sesuai dengan jumlahnya.

Jika ATF kurang maka akan terjadi gelembung udara pada sistem transmisi otomatis dan jika oli terlalu banyak akan terjadi busa yang bisa menyebabkan tarikan terasa berat.Maka isi oli matic sesuai dengan jumlahnya dengan prosedure yang benar sesuai dengan yang saya jelaskan di atas.

Selamat mencoba dan good luck

Komentar