FUEL CUT MOTOR PADA MITSUBISHI CANTER
Pada kendaraan mitsubishi canter di lengkapi dengan fuel cut motor.Banyak dari pemilik kendaraan tidak mengetahu akan hal ini sehingga jika kendaraan mogok karena fuel cut motor tidak bekerja.Fuel cut motor ini berfungsi untuk membuka dan menutup jalur bahan bakar di dalam injection pump.
Untuk tipe kendaraan sebelum canter lahir pada injection pump juga di lengkapi dengan fuel cut akan tetapi secara manual.Fuel cut tersebut menggunakan kabel yang di hubungkan dari kunci kontak menuju ke injection pump.Cara kerja sederhananya yaitu ketika kunci kontak ON maka kabel akan memanjang sehingga valve pada injection pump akan terbuka karena tekanan dari spring di dalam injection pump dan bahan bakar dapat mengalir sehingga mesin dapat hidup.Ketika kunci kontak di posisikan ke OFF maka kabel akan memendek atau tertarik sehingga saluran bahan bakar akan tertutup sehingga tidak ada lagi aliran bahan bakar dan mesin mati.
Untuk sekarang ini dengan kemajuan teknologi untuk menggerakan kabel ke injection pump menggunakan motor bukan lagi secara manual.Fuel cut motor terletak bawah kabin sebelah kiri dekat dengan intercooler.Dengan di kontrol secara elektonic fuel cut tersebut di lengkapi dengan dua buah fuse atau sakering dan sebuah relay.
Banyak dari driver kurang mengerti jika kendaraan mogok karena solar tidak mau naik ke fuel filter saat di bleeding karena mungkin di kira masuk angin pada sistem bahan bakarnya.Coba periksa dulu fuel cut motornya apakah bisa bergerak pada kabelnya yaitu bergerak memanjang saat kunci kontak di ON dan bergerak memendek saat kunci kontak OFF.Langkah pertama jika fuel cut motor tidak mau bergerak periksa terlebih dahulu pada fuse atau sakeringnya.Pada dashboard sebelah kiri adalah lokasi untuk semua sakering sistem kelistrikan di kendaraan tersebut.Jika anda bingung tentang lokasi dan tempat sakering bisa di lihat pada bagian belakang tutup sakering tersebut.Tutup sakering sudah di lengkapi dengan lokasi dan nama sakering untuk sistem apa dan besarnya ampere sakering tersebut.Jika anda kurang mengerti karena tulisannya menggunakan bahasa teknik maka periksa yang namanya fuel cut motor.Ada dua lokasi dan besarnya ampere sakering berbeda-beda.Mana sakering yang jika putus ganti dengan besaran ampere yang sama agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan saat terjadi konslet.
Langkah sederhana jika anda menemukan kasus seperti ini,jika sakering tidak putus maka segeralah panggil bengkel terdekat untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut.Kemungkinan kerusakan dari wiring harnesnya atau juga bisa dari fuel cut motor itu sendiri.
Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda
Pada kendaraan mitsubishi canter di lengkapi dengan fuel cut motor.Banyak dari pemilik kendaraan tidak mengetahu akan hal ini sehingga jika kendaraan mogok karena fuel cut motor tidak bekerja.Fuel cut motor ini berfungsi untuk membuka dan menutup jalur bahan bakar di dalam injection pump.
Untuk tipe kendaraan sebelum canter lahir pada injection pump juga di lengkapi dengan fuel cut akan tetapi secara manual.Fuel cut tersebut menggunakan kabel yang di hubungkan dari kunci kontak menuju ke injection pump.Cara kerja sederhananya yaitu ketika kunci kontak ON maka kabel akan memanjang sehingga valve pada injection pump akan terbuka karena tekanan dari spring di dalam injection pump dan bahan bakar dapat mengalir sehingga mesin dapat hidup.Ketika kunci kontak di posisikan ke OFF maka kabel akan memendek atau tertarik sehingga saluran bahan bakar akan tertutup sehingga tidak ada lagi aliran bahan bakar dan mesin mati.
Untuk sekarang ini dengan kemajuan teknologi untuk menggerakan kabel ke injection pump menggunakan motor bukan lagi secara manual.Fuel cut motor terletak bawah kabin sebelah kiri dekat dengan intercooler.Dengan di kontrol secara elektonic fuel cut tersebut di lengkapi dengan dua buah fuse atau sakering dan sebuah relay.
Banyak dari driver kurang mengerti jika kendaraan mogok karena solar tidak mau naik ke fuel filter saat di bleeding karena mungkin di kira masuk angin pada sistem bahan bakarnya.Coba periksa dulu fuel cut motornya apakah bisa bergerak pada kabelnya yaitu bergerak memanjang saat kunci kontak di ON dan bergerak memendek saat kunci kontak OFF.Langkah pertama jika fuel cut motor tidak mau bergerak periksa terlebih dahulu pada fuse atau sakeringnya.Pada dashboard sebelah kiri adalah lokasi untuk semua sakering sistem kelistrikan di kendaraan tersebut.Jika anda bingung tentang lokasi dan tempat sakering bisa di lihat pada bagian belakang tutup sakering tersebut.Tutup sakering sudah di lengkapi dengan lokasi dan nama sakering untuk sistem apa dan besarnya ampere sakering tersebut.Jika anda kurang mengerti karena tulisannya menggunakan bahasa teknik maka periksa yang namanya fuel cut motor.Ada dua lokasi dan besarnya ampere sakering berbeda-beda.Mana sakering yang jika putus ganti dengan besaran ampere yang sama agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan saat terjadi konslet.
Langkah sederhana jika anda menemukan kasus seperti ini,jika sakering tidak putus maka segeralah panggil bengkel terdekat untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut.Kemungkinan kerusakan dari wiring harnesnya atau juga bisa dari fuel cut motor itu sendiri.
Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda
Komentar
Posting Komentar