CHECK ENGINE MENYALA KARENA EGR SYSTEM BERMASALAH
Pada kendaraan pajero sport sering kita jumpai bahwa saat kendaraan jalan tiba-tiba check engine di dashboard yang berwarna kuning menyala.Anda sebagai pemilik kendaraan jangan terlalu khawatir karena check engine menyala hanya sebagai tanda peringatan awal bahwa kendaraan sedang mengalami masalah pada sistem injeksi mesin.
Sebagian check engine menyala di sebabkan oleh filter bahan bakar yang sudah kotor dan mengandung air sehingga sensor di dalam filter bahan bakar akan memberi peringatan kepada pengemudi bahwa kendaraan sudah waktunya di lakukan perawatan berkala.Tapi kali ini saya akan membahas hal lain dari check engine yang menyala.Dari suatu khasus check engine menyala dapat di sebabkan oleh berbagai hal dan kita perlu menggunakan scan injeksi agar dapat di ketahui masalah di sebabkan dari komponen apa.
Exhaust Gas Recirculation System di adposi oleh mitsubishi pajero sport,yaitu sisa bahan bakar yang tidak sempurna yang keluar dari exhaust manifold di masukan lagi ke intake manifold untuk di bakar ulang melalui EGR System ini sehingga gas buang selalu bersih.
Karena intake manifold di lewati gas buang dari sisa pembakaran solar maka sisa jelaga hitam akan menempel di dalam intake manifold dan pada EGR system.Apalagi jika perawatan filter udara sangat jarang di bersihkan dan kondisi sangat kotor tetapi masih di pasang sehingga debu-debu akan masuk ke intake manifold yang bisa menyebabkan kerak dan kotoran menempel di intake manifold dan juga di system EGR.
Pada system EGR di lengkapi dengan sebuah valve manual dengan di gerakan oleh motor.Valve ini dapat bergerak membuka dan menutup yang di gerakan oleh motor sesuai dengan perintah dari engine control unit sesuai masukan dari beberapa sensor.Karena valve sering bergerak dan juga sebagai jalur exhaust gas maka kotoran dapat menyumbat saluran EGR tadi yang bisa menyebabkan valve menjadi macet atau tidak dapat bergerak.Meskipun motor EGR menggerakan valve tetapi valve tidak akan bergerak karena sudah tertutup oleh kotoran exhaust gas.Hal ini bisa menyebabkan EGR motor tidak bekerja maksimal sesuai dengan perintah engine control unit yang menyebabkan check engine akan menyala.
Jika hal ini di biarkan terus menerus maka kemungkinan EGR motor akan mengalami kerusakan.Maka segera bawa ke bengkel terdekat untuk melakukan service EGR.Caranya sangat mudah buka dan bongkar EGR motor beserta dengan rumahnya kemudian lepas valve yang ada di dalam EGR dan kerak-kerak yang menempel di bersihkan dengan bensin atau carburator cleaner sampai benar-benar bersih tidak ada lagi kotoran yang menempel.Jika sudah selesai pasang kembali komponen yang di bongkar tadi dan pasang socket untuk EGR motor.Jika check engine masih menyala coba lakukan hal berikut yaitu melepas minus baterai selama kurang lebih sepuluh detik kemudian pasang kembali.
Check engine menyala karena EGR system tidak bekerja secara maksimal karena valvenya macet.Untuk itu selalu jaga dan bersihkan filter udara secara berkala agar tidak terjadi hal yang sama pada kendaraan mitsubishi pajero anda.
Pada kendaraan pajero sport sering kita jumpai bahwa saat kendaraan jalan tiba-tiba check engine di dashboard yang berwarna kuning menyala.Anda sebagai pemilik kendaraan jangan terlalu khawatir karena check engine menyala hanya sebagai tanda peringatan awal bahwa kendaraan sedang mengalami masalah pada sistem injeksi mesin.
Sebagian check engine menyala di sebabkan oleh filter bahan bakar yang sudah kotor dan mengandung air sehingga sensor di dalam filter bahan bakar akan memberi peringatan kepada pengemudi bahwa kendaraan sudah waktunya di lakukan perawatan berkala.Tapi kali ini saya akan membahas hal lain dari check engine yang menyala.Dari suatu khasus check engine menyala dapat di sebabkan oleh berbagai hal dan kita perlu menggunakan scan injeksi agar dapat di ketahui masalah di sebabkan dari komponen apa.
Exhaust Gas Recirculation System di adposi oleh mitsubishi pajero sport,yaitu sisa bahan bakar yang tidak sempurna yang keluar dari exhaust manifold di masukan lagi ke intake manifold untuk di bakar ulang melalui EGR System ini sehingga gas buang selalu bersih.
Karena intake manifold di lewati gas buang dari sisa pembakaran solar maka sisa jelaga hitam akan menempel di dalam intake manifold dan pada EGR system.Apalagi jika perawatan filter udara sangat jarang di bersihkan dan kondisi sangat kotor tetapi masih di pasang sehingga debu-debu akan masuk ke intake manifold yang bisa menyebabkan kerak dan kotoran menempel di intake manifold dan juga di system EGR.
Pada system EGR di lengkapi dengan sebuah valve manual dengan di gerakan oleh motor.Valve ini dapat bergerak membuka dan menutup yang di gerakan oleh motor sesuai dengan perintah dari engine control unit sesuai masukan dari beberapa sensor.Karena valve sering bergerak dan juga sebagai jalur exhaust gas maka kotoran dapat menyumbat saluran EGR tadi yang bisa menyebabkan valve menjadi macet atau tidak dapat bergerak.Meskipun motor EGR menggerakan valve tetapi valve tidak akan bergerak karena sudah tertutup oleh kotoran exhaust gas.Hal ini bisa menyebabkan EGR motor tidak bekerja maksimal sesuai dengan perintah engine control unit yang menyebabkan check engine akan menyala.
Jika hal ini di biarkan terus menerus maka kemungkinan EGR motor akan mengalami kerusakan.Maka segera bawa ke bengkel terdekat untuk melakukan service EGR.Caranya sangat mudah buka dan bongkar EGR motor beserta dengan rumahnya kemudian lepas valve yang ada di dalam EGR dan kerak-kerak yang menempel di bersihkan dengan bensin atau carburator cleaner sampai benar-benar bersih tidak ada lagi kotoran yang menempel.Jika sudah selesai pasang kembali komponen yang di bongkar tadi dan pasang socket untuk EGR motor.Jika check engine masih menyala coba lakukan hal berikut yaitu melepas minus baterai selama kurang lebih sepuluh detik kemudian pasang kembali.
Check engine menyala karena EGR system tidak bekerja secara maksimal karena valvenya macet.Untuk itu selalu jaga dan bersihkan filter udara secara berkala agar tidak terjadi hal yang sama pada kendaraan mitsubishi pajero anda.
Komentar
Posting Komentar