MOBIL MOGOK KARENA RELAY INJEKSI BERMASALAH PADA COLT T 120 SS

RELAY INJEKSI BERMASALAH BERAKIBAT MOBIL TIDAK BISA HIDUP

Kendaraan mitsubishi yang satu ini adalah colt t 120 ss yang sangat melegenda dan sangat di cintai pelanggan setia mitsubishi.Mobil niaga tiada tanding tiada banding untuk di kelasnya.Pada dasarnya untuk kendaraan sekarang sudah menggunakan sistem injeksi atau untuk istilah di mitsubishi adalah multi point injeksi (MPI).
Sebelumnya saya akan menjelaskan bahwasanya untuk setiap kendaraan injeksidi lengkapi dengan dua buah relay utama.Yaitu relay untuk check engine dan relay untuk fuel pump.Untuk relay check engine merupakan relay utama untuk menghidupkan check engine agar seluruh sensor dalam posisi siap untuk mesin di hidupkan.Dan untuk relay yang satunya adalah relay untuk fuel pump atau pompa bahan bakar.

Yang kita bahas sekarang ini adalah untuk kendaraan colt t 120 ss,dimana untuk letak dari kedua buah relay tersebut ada di bawah dashboard sebelah kiri yang saling bersebelahan.Untuk relay injeksi biasanya berbeda dengan relay pada umumnya,maka periksa relay tersebut sesuai dengan gambar di atas.Masalah yang sering timbul ketika kita waktu meng ON kan kunci kontak maka untuk kendaraan yang norma check engine akan menyala dan setelah kendaraan di start dan mesin hidup maka check engine dalam beberapa detik akan mati.Itu adalah kasus yang normal pada suatu kendaraan.

Sebagian saat kita meng ON kan kunci kontak dan check engine tidak menyala atau mati maka ketika kendaraan anda start mesin tidak mau hidup,karena di ECU tidak dapat supply arus dari battery yang melalui engine check lamp.Banyak kasus yang saya temui seperti ini masalah timbul dari relay check engine yang rusak.Ketika relay check engine di lepas dan di bongkar maka akan terlihat pada platina atau kontak pointnya terbakar.

Untuk itu ganti relay yang rusak tadi sesuai dengan jenisnya agar kendaraan dapat beroperasi dengan baik.Sedikit info dari saya semoga bermanfaat untuk para pecinta otomotif.

Komentar