TEMPERATUR MESIN CEPAT NAIK PADA CANTER

TEMPERATUR MESIN KADANG NAIK KEMUDIAN TURUN TIDAK ATURAN

Pada kendaraan mitsubishi colt diesel canter banyak yang mengalami control temperaturnya tiba-tiba naik sampai posisi strip merah.Dari driver pasti khawatir karena kalau temperatur naik kemungkinan mesin akan over heat.Jadi setelah temperatur naik sang driver akan memberhentikan kendaraannya dan pasti akan memeriksa jumlah air radiator pada reservoir.


Siapa yang tidak kaget jika temperatur mesin sampai pada posisi hot yang akan menandakan mesin over head dan banyak kemungkinan cylinder akan mengalami kelengkungan atau melengkung sehingga kendaraan akan mogok.Otomatis untuk memperbaikinya harus bongkar kepala silinder atau cylinder dan perlu di lakukan pembubutan pada cylinder head tersebut.

Untuk masalah seperti ini pada kendaraan canter jangan kuatir.Jika temperatur mesin anda tiba-tiba naik sampai posisi hot dan kadang turun sendiri ke posisi normal.Periksa jumlah air radiator dan pada reservoirnya apakah berkurang atau dalam kondisi tetap.Pada waktu temperatur naik hentikan segera kendaraan dan periksa apakah mesin benar-benar dalam kondisi yang sangat panas atau mesin dalam keadaan panas yang wajar.Jika mesin dalam panas yang wajar dan jumlah air pada radiator juga reservoir tetap dalam arti tidak berkurang maka penyebabnya bukan dari kekurangan air radiator karena kebocoran air atau yang lainnya.

Masalah seperti ini sering saya jumpai dan semoga dengan artikel ini dapat membantu anda di jalan dan tidak perlu khawatir dengan mesin kendaraan dan tetap dapat melanjutkan perjalanan.Untuk khasus seperti ini sering saya jumpai dan penyebabnya yaitu dari ground atau massa kendaraan yang kurang menempel sempurna terhadap ground body atau chasis dan ground mesin.

Untuk memperbaikinya dengan cara lepas semua  ground pada battery yang menempel ke chasis dan ke mesin.Bersihkan kabel ground tersebut dengan amplas sampai bersih sempurna.Untuk ground di kendaraan mitsubishi canter ada di beberapa tempat yaitu di bagian depan dekat klakson yang menempel di chasis.Untuk ground yang di mesin ada di bagiah bawah berdekatan dengan motor starter.Jangan lupa juga lepas battery atau accu kendaraan dan bersihkan semua terminal accu,untuk agar hasil maksimal membersihkan terminal accu gunakan air panas dan di siramkan ke terminal tersebut agar kerak dan kotoran cepat terkelupas.

Apabila dengan membersihkan ground dan terminal accu masalah masih muncul maka coba anda beli kabel ground sekitar satu meter dan tambahkan kabel ground tersebut di pasangkan ke terminal negative battery dengan body mesin.Masalah temperatur kadang-kadang naik dan turun sendiri akan selesai teratasi.

Demikian pengalaman saya semoga bermanfaat dan membantu anda ketika dalam perjalanan sehingga anda tidak perlu khawatir jika suatu saat masalah seperti ini anda mengalaminya.

Komentar