CHECK ENGINE PAJERO SPORT MENYALA DARI SUCTION CONTROL VALVE

SUCTION CONTROL VALVE MACET CHECK ENGINE MENYALA

Sering kita jumpai pada kendaraan pajero sport atau mitsubishi triton pada dashboarnya untuk check engine menyala.Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang penyebab check engine menyala yang penyebabnya dari exhaust gas recirculation atau EGR system.Untuk kali ini check engine menyala di sebabkan oleh suction control valve yang macet.Jika anda belum mengetahui dimana letak dari komponen tersebut coba lihat gambar di bawah ini.


SCV ini merupakan jalur utama untuk mengalirkan bahan bakar dari supply pump ke injector,apabila komponen ini macet dalam posisi tertutup maka mesin akan mati dan apabila macet dalam posisi terbuka maka mesin tetap hidup akan tetapi kecepatan mesin atau rpm akan di batasi dan check engine akan menyala.Hal ini di maksudkan agar pengemudi mengatahui bahwa kendaraan sedang mengalami masalah atau trouble.

Untuk mengetahu scv ini macet maka saat kunci kontak kita on kan dan scv ini sambil kita pegang maka akan terasa getaran motor di komponen tersebut yang menandakan bahwa scv bekerja dengan baik.Jika tidak ada perubahan pada scv saat kunci kontak di on kan maka kemungkinan besar scv macet.Untuk itu kita lepas dan kita bersihkan dengan penetrant wd sambil scv tersebut di ketok-ketokan ke benda tumpul agar motor dapat bergerak.

Jika masih tidak memungkinkan atau sangat macet maka rendam scv ini dalam tiner dan biarkan kurang lebih satu jam kemudian kita beri tegangan pada scv ini sambil di semprotkan penetrant wd.Langkan ini sering saya lakukan karena scv sering sekali macet yang penyebabnya tidak lain adalah kualitas solar yang jelek dan perawatan penggantian filter bahan bakar sangat jarang.

Apabila dengan langkah di atas masih tidak mampu untuk memeperbaiki scv ini maka sebaiknya lakukan penggantian suction control valve.Jika masih kurang mengerti bisa kasih komentar dan bisa sharing.

Komentar