FORD RANGER WL MESIN TIDAK BISA HIDUP SETELAH MELEPAS BOSHPOMP

STARTER SULIT SETELAH MELEPAS BOSCHPOMP

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang trouble pada kendaraan ford ranger wl.Kendaraan ford ini merupakan kendaraan double cabin dengan mesin diesel 2400cc dengan boschpompnya di kontrol sebagian dengan electronic atau semi electronic.Jika kendaraan pada boschpomp rusak atau perlu kalibrasi maka sebaiknya anda tahu dan mengerti bagaimana cara pelepasan dan pemasangan boschpomp secara prosedure yang benar.


Maka jika anda sudah terlanjur melepas boschpomp tanpa mengetahui prosedure yang benar saya jamin saat anda memasang kembali boschpomp yang sudah di kalibrasi atau boschpomp baru maka mesin tidak akan hidup.Kenapa demikian karena saat melepas boscpomp pada gear bagian dalam terdapat gear yang bisa geser sendiri karena kekuatan spring.Coba lihat gambar di atas merupakan gear dari boschpomp yang sudah saya lepas dan terdapat tanda strip putih yang menandakan tanda tersebut harus lurus.Jika tanda tersebut tidak lurus karena tergeser oleh kekuatan spring di dalam gear maka mesin pasti tidak akan hidup.Untuk meluruskan tanda tersebut maka geser dan luruskan tanda kemudian pada lubang gear terdapat pengunci baut 12 sehingga gear akan tertahan pada posisi garis lurus.

Untuk meluruskan tanda ini anda harus membongkar front case sehingga akan terlihat beberapa gear untuk sistem timing gearnya.Luruskan satu persatu sesuai tanda agar posisi gear benar-benar lurus dan kemudian pasang kembali.Jika posisi timing gear sesuai maka saat anda memasang timing belt penghubung antara boschpomp dengan mekanisme valve maka akan sesuai pada tandanya.Jika saat memasang timing belt tanda tidak bisa sesuai antara tanda crankshaft,tanda boschpomp dan tanda pada cam noken as maka pasti gear pada boschpomp seperti gambar di atas berubah atau garis lurus tidak sesuai.

Maka dari itu sebagai pengalaman dan berbagi ilmu kepada semua agar lebih bermanfaat dari itu sebelum membuka bosch pomp pada ford ranger wl sebaiknya menggunakan alat khusus.Alat ini sangat sederhana sekali dan bisa anda buat sendiri.Fungsinya alat ini untuk membantu menahan gear boschpomp yang ada di dalam front case agar tetap pada posisinya sesuai dengan tanda garis seperti gambar di atas.Jika tidak ada penahan maka pasti gear akan tergeser dan anda harus membuka front case dan waktu juga biaya alan semakin bertambah.


 Coba lihat gamabr di atas,alat yang sangat sederhana tapi berfungsi sangat membantu dalam proses perbaikan.Hanya dengan menahan gear dengan alat tersebut yang di kaitkan dengan front casenya sehingga gear akan tertahan dan tidak bisa geser.

Karena kendaraan ford ranger ini menggunakan dua komponen untuk penggerak valvenya yaitu dari crankshaft sampai boschpomp menggunakan timing gear sebagai penggeraknya dan setelah itu dari boschpomp ke noken as untuk menggerakan valve menggunakan timing belt.

Luruskan tanda timing semua dengan benar pada timing gear yang telah di bongkar tadi maka pasang kembali front case dan setelah memasang boschpomp maka jangan lupa untuk melepas baut pengunci gear tadi.Kendaraan langsung start dan mesin akan kembali normal trouble teratasi.

Komentar