ALL NEW PAJERO SPORT TIDAK BISA START KARENA MASALAH FUSE


Jumpa lagi dengan saya kali ini akan memberikan sedikit pengalaman yang akan berguna bagi anda si pemilik kendaraan all new pajero sport.Karena kendaraan sekarang dengan teknologi semakin berkembang dan penanganannya juga semakin sulit karena semua komponen di kontrol secara elektronik.

Sekarang saya akan memberikan tips agar kendaraan anda tetap aman saat battery atau aki anda tekor.Kebanyakan dari pemilik kendaraan jika aki tekor maka sering langsung di jumper dengan kendaraan lain yang sedang hidup mesinnya,atau juga dengan aki dari luar yang masih sehat kemudian di jumperkan.

Ternyata proses jumper seperti ini adalah kurang benar meskipun kadang proses jumper ini berhasil mesin yang aki tekor bisa hidup.Kesalahan jumper bisa berakibat beberap sakering atau fuse akan mengalami putus.Salah satunya adalah fuse yang seperti pada gambar di atas.Maka harus benar hati-hati dalam menangani kasus aki tekor terutama pada kendaraan yang sudah lebih canggih.

Permasalahan yang pernah saya temui adalah salah jumper sehingga fuse putus.Untuk fuse putus ini pun tidak berada pada satu tempat yang putus,ada beberapa fuse yang putus karena tidak bisa menahan beban arus yang tinggi saat di lakukan penjumperan aki tadi.

Setelah di lakukan pemeriksaan terdapat tiga bagian fuse yang putus.Pertama ada fuse putus di bagian pull atau terminal aki yaitu untuk fuse 160 ampere.Kedua adalah fuse yang ada di kotak bok di bagian mesin sebalah kiri dekat dengan battery seperti pada gambar di atas.Untuk fuse yang putus yang terakhir ada di bagian fuse box di dalam kabin sebelah kiri tepatnya ada di bawah dashboard.Periksa semua fuse yang ada di box didalam kabin satu persatu dan di dapatkan bahwa ada satu fuse yang putus.

Setelah di lakukan penggantian fuse maka kita coba hidupkan mesin dan akhirnya mesin dapat berputar dengan normal.

Saat mesin setelah hidup di lakukan pemeriksaan terhadap trouble diagnosanya dan terdapat trouble FR terminal problem.Hal ini menandakan tegangan terminal dari alternator bermasalah.Akan tetapi setelah trouble di hapus dan di lakukan pemeriksaan tegangan output pengisian dinamo amper atau alternator di dapatkan hasil yang normal.

Kesimpulan dari trouble ini adalah jika accu atau battery kendaraan anda tekor sebaiknya battery kita lepas dan di charging di luar sehingga komponen electronic akan aman dari kerusakan.


penulis  : edy saputra

Komentar