BUNYI ABNORMAL SAAT MUNDUR PADA MITSUBISHI PAJERO SPORT


Kendaraan pajero sport keluaran mitsubishi yang sangat mengena di hati pelanggan setia mitsubishi.Pada kali ini kemarin persisnya saya menemukan trouble pada kendaraan pajero sport yaitu pelanggan mengeluhkan ada suara abnormal seperti suara gesekan besi yang terjadi saat kendaraan berjalan mundur.

Jika kendaraan berjalan maju suara abnormal tersebut hilang dan muncul hanya saat kendaraan berjalan mundur.Dari permasalahan ini setelah di lakukan test drive memang suara muncul seperti yang saya jelaskan di atas.

Pertama analisa saya adalah disc pad atau kampas rem belakang kemungkinan habis atau dari bearing roda belakang yang kering atau sudah aus.Saat di lakukan pembongkaran untuk kondidi rem belakang masih dalam keadaan masih tebal jadi hanya cukup di bersihkan dan di adjust.Rem depan juga di lakukan pemeriksaan dan di dapatkan kondisi disc pada atau kampas rem sudah aus sehingga perlu penggantian.

Pada bearing juga di lakukan pemeriksaan dengan cara keadaan kendaraan di gantung kemudian roda belakang kita putar jika ada suara abnormal kemungkinan dari bearing dan sambil di kocak ke atas ke bawah apak roda mengalami kocak jika masih terasa kencang tidak ada kocak maka bearing roda dalam keadaan bagus.

Perbaikan tersebut sudah selesai dan di lakukan lagi test jalan dan toruble masih muncul jadi penyebabnya buka dari sistem rem ataupun bearing roda.

Analisa saya adalah suara abnormal muncul saat kendaraan mundur adalah kemungkinan dari bebrapa komponen yang bergerak antara mesin sampai dengan diferential atau gardan.Maka dengan kondisi kendaraan di atas lift saya mencoba memeriksa propeler shaft dan center bearing dari kekocakan dan keausan.Memang di dapatkan suara tersebut dari propeler shaft.

Di bongkarlah propeler shaft dan di dapatkan salah satu cross joint mengalami macet sehingga tidak dapat berputar bebas akibatnya mengasilkan bunyi abnormal tersebut.Masalah penyebabnya sudah ketemu kemudian saya lakukan penggantian cross joint dan setelah dipasang seperti semula untuk memastikan trouble sudah hilang maka di lakukan tes jalan.Saat di lakukan tes jalan berjalan mundur suara abnormal tersebut hilang.

Untuk menjaga cross joint agar selalu terawat maka perlu di lakukan grease up atau nyototi pada neple cross joint.Grease up dilakukan setiap kendaraan melakukan ganti oli atau setiap lima ribu kilometer.

Komentar