EXHAUST BRAKE ATAU REM ANGIN TIDAK BISA BEKERJA KARENA PIPA KROPOS



Exhaust Brake atau yang sering di sebut di dunia luar adalah rem angin adalah sebenarnya salah kaprah.Untuk rem angin sendiri di colt diesel canter belum di lengkapi karena yang namanya rem angin adalah sistem rem yang sepenuhnya di kontrol oleh angin bukan lagi menggunakan minyak rem untuk mendorong piston ke kampas rem sehingga masih di sebut sistem rem hidrolis.

Pada mitsubishi colt diesel canter yang sering di sebut rem angin adalah sebenarnya rem untuk exhaustnya yaitu exhaust manifold atau knalpot di tutup untuk mengurangi atau kecepatan engine menurun sehingga dapat membantu sistem pengeraman.

Kali ini saya mengeshare pengalaman saya tentang trouble pada colt diesel canter yang exhaust brakenya pada switch bisa on akan tetapi pada katup kupu-kupu di exhaust manifold tidak bekerja atau tidak bisa menutup.

Setelah di lakukan pemeriksaan udara vacum dari blower dapat keluar ke relay 3 way valve.Relay ini berfungsi untuk menyalurkan udara dari blower ke mekanisme exhaust brake agar katup kupu-kupu dapat tertarik.

Relay 3 way valve ini kami lakukan pemeriksaan dan hasilnya saat exhaust brake switch di on kan relay ini dapat bekerja dan udara vacum dapat tembus menuju ke diafragma exhaust brake.Dengan kekuatan vacum tersebut katup kupu-kupu tidak mampu bekerja karena membran diafragma tidak mampu melawan kekuatan spring di dalam mekanisme exhaust brake.

Dari masalah ini terpikirkan bahwa udara vacum sangat kecil sehingga tidak mampu menyedot membran diafragma tadi.Dari kekuatan vacum blower kami periksa cukup besar dan setealah melewati 3 way valve juga vacum masih cukup besar akan tetapi menuju selang yang masuk ke membaran diafragma tadi vacum mulai berkurang.Dari sini analisa saya adalah ada kebocoran vacum di selang atau pipa antara 3 way vlave dan membran diafragma.

Memang benar pada pipa di antara 3 way valve dan membran diafragma mengalami kropos karena korosi sehingga kekuatan vacum bocor di pipa tersebut.Setelah di lakukan perbaikan pada pipa yang kropos maka kekuatan vacum sangat besar dan mampu menarik katup kupu-kupu di exhaust brake dan hasilnya exhaust brake dapat bekerja dan sistem rem angin dapat membantu sistem utama rem.

Masalah pipa kropos baru saya jumpai terutama pada kendaraan yang mengangkut air yang mangandung garam atau mengangkut sapi,ikan basah dan lainnya.Maka untuk menghindari komponen bawah kendaraan yang kropos dan tidak terlihat sebaiknya setelah di cuci di kasih solar atau semacamnya agar lebih awet.

Komentar