KENDARAAN KADANG TIDAK BISA DI START PADA COLT DIESEL


Bertemu lagi dengan saya,kali ini saya akan mengulas tentangtrouble shooting pada kendaraan mitsubishi colt diesel canter.Sebenarnya masalah ini sudah pernah saya bahas sebelumnya akan tetapi penyebabnya berbeda.Maka dengan permasalahan yang sama pada kendaraan kadang berbeda-beda penyebabnya sehingga cara penyelesaianya juga tidak sama.

Kendaraan colt diesel ini dari konsumen mengeluhkan bahwa saat di lakukan start mesin dapat berputar dan kadang juga tidak bisa atau loss.Untuk permasalahan ini biasanya dari motor starter akan tetapi motor starter sudah di lakukan perbaikan sehingga kemungkinan motor starter rusak sangat kecil.

Setalah di lakukan pemeriksaan tegangan pengisian pada dinamo amper maka dari alternantor atau dinamo amper tegangan yang keluar sesuai standartnya tidak ngedrop.Maka di lakukan pemeriksaan pada batteray dan memang battery dalam kondisi tekor atau tidak dapat menimpan tegangan.Sehingga di lakukan penggantian battery dengan kapasitas ampere sesuai standartnya.

Saat semua battery terpasang dan di lakukan test untuk start pada kendaraan masih seperti battrey tekor atau battery tidak kuat start.Trouble masih belum terselesaikan sehingga di cari penyebab yang lainnya.

Dilakukan tegangan out put yang keluar dari battery dan terdapat tegangan sangat kurang dari stardartnya.Test ini di lakukan dengan avometer pada ujung posistif volt meter di hubungkan ke posistif battery dan negative volt meter di hubungkan ke ground body.dari sini terlihat analisa saya bahwa ada harness yang kurang menempel sempurna antara positif battery dan negatif battery.

Terdapat hubungan terminal negative battery dengan ground body sangat tidak baik,kami periksa dengan ohm meter dan hasilnya tidak ada hubungan.Oleh itu kabel ground kami periksa dan ternyata serabut di dalam kabel mengalami hubungan yang kurang sempurna.Akibatnya ground body kurang kuat dan motor starter tidak dapat berputar dengan kuat.

Perbaikan hubungan ground body di lakukan dan setelah selesai di periksa dengan ohm meter dan hasinya ada kontunitas.Di coba untuk start dan hasilnya motor starter dapat bekerja sempurna.

Periksa selalu hubungan kabel jika terjadi masalah atau trouble secara electronic sehingga penyebabnya dan analisa semakin mudah.

Komentar