Muffler Imitasi Penyebab Suara Turbo Hilang Pada Colt Diesel Canter


Mitsubishi colt diesel identik dengan suara turbonya yang sangat keras ketika kendaraan di akselerasi atau waktu tanjakan.Dengan suara turbo yang kencang maka si driver merasa tenaga mesin sangat kuat karena tekanan turbo sangat besar.

Sebenarnya menurut analisa saya suara turbo yang kencang tadi berasal dari komponen mekanisme di dalam muffler yang seperti roll atau besi yang bergelombang sehingga saat ada aliran tekanan udara gas buang dari turbo yang melewati muffler tersebut maka timbul bunyi seperti peluit.

Akan tetapi karena mufller itu berupa besi fleksibel yang mudah bergerak lama-kelamaan akan pecah atau risak sehingga gas buang akan bocor dari muffler tersebut.

Jika sudah bocor maka suara turbo juga akan berubah dan mengakibatkan tenaga mesin tidak akan keluar langsung ke kanlpot belakang sehingga power kendaraan juga akan menurun.Untuk itu segera di lakukan penggantian dengan muffler imitasi yang di jual di toko spare part karena untuk muffler yang genuine part harganya sangat fantastis yaitu kurang lebih empat juta rupiah.Sedangkan harga di toko kurang lebihnya hanya empat ratus ribuan.

Sangat beda jauh berbanding terbalik dengan harga original dan harga imitasi.Karena setelah di pasang imitasi muffler tersebut tidak menghasilkan bunyi turbo.Maka sering sekali saya dapat keluhan dari pelanggan bahwa suara turbo tidak bunyi setelah ganti muffler.

Memang di sini barang imitasi berbeda dengan barang genuine,pada muffler genuine lekukan pada muffler lebih dalam sehingga suara turbo akan muncul karena tekanan aliran gas buang dari turbo.Sedangkan untuk muffler imitasi saya periksa lekukan di dalam muffler berbeda dan memang lebih rendah sehingga saat alairan gas buang mengalir tidak akan menimbulkan bunyi apapun.

Pilih imitasi barang harga murah atau barang genuine dengan harga mahal akan tetapi suara turbo kembali terdengar,hanya anda pemilik kendaraan yang bisa menjawabnya.Semoga artikel ini bermanfaat.


Penulis   : Edy Saputra

Komentar