PENYEBAB TEMPERATUR MESIN PANAS PADA HONDA ACCORD


Kali ini saya akan berbagi tips tentang penyebab temperatur panas pada kendaraan.Untuk artikel ini saya akan membahas tentang temperatur panas pada kendaraan honda accord.

Pada kendaraan ini di lengkapi dengan dua buah fan atau kipas pada radiatornya.Kipas terpasang di belakang radiator yang berfungsi untuk mendinginkan suhu air di dalam radiator dan juga menurunkan temperatur mesin.

Kipas radiator ini ada dua buah yang fungsinya sama untuk membantu mendinginkan temperatur air radiator sehingga temperatur mesin tetap dalam kondisi stabil.Untuk kipas yang satu untuk sistem pendingin mesin dan yang lainnya untuk sistem air conditioner atau sistem ac pada kendaraan.

Jika ac di nyalakan maka kedua buah kipas tadi harus berputar secara otomatis sesuai dengan temperatur mesin.Karena jika menggunakan ac maka beban mesin dan temperatur mesin juga akan lebih cepat naik sehingga di perlukan dua buah kipas untuk membantu sistem pendinginya sehingga mesin tidak cepat over heat.

Untuk kipas yang satunya adalah kipas untuk sistem mesin,yang apabila ac di matikan dan temperatur mesin sudah melampui batas maksimal yaitu sekitar sembilan puluh derajat celcius maka kipas tersebut otomatis berputar untuk mendinginkan radiator.Kipas dapat berputar otomatis karena  ada coolant temperatur sensor yang mendeteksi suhu air di dalam mesin dan sensor tersebut memberi perintah ke engine control unit agar mengaktifkan kipas radiator.

Dari penjelasan saya dapat di simpulkan bahwa jika kendaraan sudah melewati masa usia lima tahun maka sangat perlu sekali di lakukan pemeriksaan motor pada kipas radiator pada kipas ac atau kipas untuk sistem pendingin mesinnya.Perlu di lakukan pemeriksaan kedua buah kipas tersebut.Di karenakan untuk motor kipas yang menggunakan brush atau arang maka lama-lama karena motor berputar sehingga brush atau arang akan semakin tipis dan habis.Jika motor terlihat putaranya semakin melambat bisa jadi brush atau arang sudah mulai tipis.

Dengan brush atau arang yang semakin tipis dan motor berputar melambat maka fungsi kipas untuk mendinginkan radiator dan mesin akan terganggu sehingga temperatur mesin akan cepat naik tidak stabil sesuai dengan satndartnya.Apabila di diamkan maka temepratur semakin panas dan menyebabkan mesin over heat.

Maka segera periksakan motor kipas anda jika umur kendaraan sudah melampui sekitar lima tahun.Cukup ganti brush atau arang apabila sudah tipis dan apabila terdapat motor komponen di dalam yang rusak sebaiknya ganti motor secara keseluruhan.

Komentar