SALAH SATU PENYEBAB BAN MAKAN TIDAK RATA PADA MITSUBISHI COLT DIESEL

PENYEBAB BAN MAKAN TIDAK RATA PADA MITSUBISHI COLT DIESEL

Dari sekian kendaraan yang service untuk mitsubishi colt diesel sering mengeluhkan pada ban mengalami makan atau aus yang tidak merata.Mngkin pada ban sebelah kiri atau sebelah kanan saja.Banyak kemungkinan penyebab dari ban yang makan tidak rata yaitu dari spooring dan balancingnya.

Spooring dan balancing di sini harus di lakukan perbaikan terlebih dahulu pada bagian komponen-komponen yang berhubungan dengan suspensi dan steering antara lain bearing roda,king pin,tie roda dan bhusing per itu sendiri.Untuk artikel kali ini saya akan mengulas tentang king pin.


Pertama untuk memeriksa king pin harus mengangkat roda depan bagian kanan atau kiri terlebih dahulu mana yang akan kita periksa pertama.Jika sudah maka sebaiknya di beri jackstand agar terhindar dari keelakaan kerja.Maka goyangkan roda bagian atas ke depan dan belakng sesuai dengan posisi tubuh kita.Jika terjadi kocak maka pastikan bahwa kocak itu dari sisi king pin atau bearing rodanya.

Untuk membantu pemeriksaan lebih mudah maka cari teman satu orang untuk melihat pada bagian mana yang kocak yaitu king pin atau bearing dengan kita masih mengoyangkan roda ke depan dan belakang.Jika king pin kocak juga akan berpengaruh terhadap aus ban yang tidak rata.

Apabila di pastikan king pin yang kocak maka perlu di lakukan pembongkaran dan nanti akan terlihat seperti gambar bahwa king pin mengalami keausan.Jika sudah aus seperti itu sebaiknya di ganti aga hasil lebih bagus.Ada juga as king pin yang masih bagus tetapi kocak sehingga perlu di lakukan penyetelan menggunakan shim sampai di dapatkan king pin menjadi kencang.Untuk menyetel king pin menggunkan shim sebaiknya harus pas sesuai dengan ukuran shimnya,apabila shim kurang maka king pin masih kocak dan apabila shim terlalu banyak maka steering akan terasa lebih berat.

Tips dari saya agar king pin kendaraan anda terawat dengan baik dan tidak mudah rusak sebaiknya lakukan grease up setiap melakukan ganti oli mesin.

Komentar