SWITCH LAMPU MOBIL ABNORMAL MENYEBABKAN LAMPU JAUH NYALA SENDIRI

SWITCH LAMPU MOBIL ABNORMAL MENYEBABKAN LAMPU JAUH NYALA SENDIRI


Trouble kali ini saya alami pada kendaraan mitsubishi colt t 120 ss yaitu pemilik kendaraan mengeluhkan bahwa saat di kendaraan akan belok dan menyalakan lampu sein tiba-tiba lampu jauh ikut menyala.

Trouble seperti ini baru saya temui pertama pada kendaraan ini.Sebenarnya kendaraan ini masih baru jadi spare partnya kami garansikan ke pabrik dan ternyata dari pabrik juga menyetujuinya bahwa memang terjadi dari kerusakan part.

Dari kasus trouble ini saya sudah melakukan pemeriksaan lampu,relay dan wiring harnes masih dalam keadaan bagus.Dari kabel yang berhubungan dengan kelistrikan bagian lampu juga tidak mengalami masalah yang serius dan kabel masih terbungkus rapi tidak ada yang konslet.

Untuk memastikan trouble tersebut switch lampu di buat untuk saat belok yaitu lampu sein di nyalakan dan memang kadang-kadang lampu head lamp posisi high atau posisi head lamp jauh ikut menyala.Dengan menggerakan switch ke bawah sedikit lampu head ikut menyala sehingga trouble ini di sebabkan oleh switch heal lamp.

Di lakukan pemeriksaaan pada switch head lampnya dan memang di dalam switch terdapat platina yang berhubungan dengan lampu jauh jaraknya terlalu dekat,sehingga saat lampu sein di nyalakan maka lampu head jauh kadang ikut menyala.Kami lakukan penyetelan pada platina tadi dengan jarak agak di jauhkan sedikit sehingga saat lampu sein menyala platina tadi tidak menempel sehingga lampu head tidak menyala.

Kali ini sharing trouble dari saya semoga bermanfaat ketika anda menemui kasus yang sama seperti yang saya alami ketika itu.

Komentar