TROUBLESHOOTING MESIN DIESEL STASIONER TIDAK STABIL

Pada kendaraan diesel khususnya bisa hidup karena ada pemanasan di ruang bakar dengan bantuan glow plug atau busi pemanas.Sistem ini banyak di pakai di kendaraan niaga kecil seperti kendaraan mitsubishi L300.Akan tetapi kendaraan diesel dengan torsi yang lebih kuat bisa berakibat kerusakan pada piston dan ring pistonya.

Kejadian pengalaman ini saya temui pada kendaraan L 300 solar dengan pemilik kendaraan mengeluhkan bahwa mesin diesel stasioner tidak stabil dan ada suara abnormal pada mesinnya.

Setelah di lakukan pemeriksaan penyetelan valve di dapatkan bahwa valve perlu pemeriksaan dan di lakukan penyetelan sesuai standartnya.Di lakukan pemeriksaan injector dan hasilnya juga dalam keadaan baik.Kemudian di lakukan test kompresi pada setiap silinder dan hasilnya pada silinder no tiga tekanan kompresi tidak sesuai dengan standartnya.Nilainya jauh di bawah standart tekanan kompresi mesin diesel.

Dari analisa ini kemungkinan pada silinder no tida pada piston atau ring pistonnya mengalami aus yang parah atau bisa juga patah sehingga pada silinder no tiga tidak ada kompresi akibatnya stasioner mesin tidak stabil.

Maka di lakukan pembongkaran cylinder head dan mesinnya,dan memang pada silinder no tiga pada ring piston patah dan piston sendiri juga patah pada bagian atas.


Seperti pada gambar di atas piston dan ring piston patah sehingga pada bagian atas piston mengalami kerusakan karena benturan komonen yang patah tadi dengan valve.Dengan permasalahn seperti ini maka mesin di lakukan over houle dan semua piston dan cylinder linernya di ganti,termasuk ring piston.Dengan di ganti sesuai dengan ukuran standartnya maka kendaraan akan kembali lagi seperti kendaraanbaru lagi.

Lakukan perawatan berkala pada kendaraan anda agar tidak terjadi masalah seperti ini.Ini kemungkinan service dan penggantian oli tidak sesuai dengan buku petunjuk service akibatnya piston dan ring piston bisa patah.Dan saya sarankan agar selalu melakukan pembersihan saringan udara agar udara yang msuk ke mesin tidak tercampur debu sehingga piston dan liner tetap dalam kondisi bagus.

Komentar