TROUBLESHOOTING MESIN GETAR PADA MITSUBISHI PAJERO SPORT

PENYEBAB MESIN GETAR PADA MITSUBISHI PAJERO SPORT



Sebagai mekanik dalam menangani trouble shooting harus mengerti cara kerja dan fungsi dari koponen masing masing.Untuk itu agar menangani trouble shooting harus mempunyai pemikiran yang luas dan pengalaman dalam menangani trouble-trouble yang sering terjadi.

Pada pajero sport menggunakan timing belt sebagai penggerak valvenya dan perlu di lakukan penggantian secara berkala setiap 100.000 km.Banyak dari orang pemilik kendaraan mengganti odometer yang tercapai menjadi lebih sedikit agar harga jual kendaraan lebih tinggi,dengan menggunakan jasa repair odometer digital.Akan tetapi jika sudah terjual maka pemilik baru kendaraan tidak mengetahui riwayat yang sebenarnya pada kendaraan tersebut.

Dari kasus seperti ini banyak saya temui pada kendaraan pajero sport dengan pemilik kedua mengeluhkan kendaraan getar tidak seperti biasanya.Jadi saat stasioner bila kita di dalam cabin maka akan terasa sekali getaran mesin tersebut.

Dari pengalaman ini jika mesin getar pada pajero sport kemungkinan pada timing belt balancernya tidak terpasang sempurna sesuai tanda atau bisa juga gigi timing belt balancer mengalami kerontokan sehingga tidak bisa memutar gear balancer sesuai dengan gerakannya.

Dan memeang benar setelah timing belt di bongkar untuk timing belt balancer mengalami kerusakan.Ganti timing belt balancer dan timing belt valve di pasang sesuai dengan tanda timingnya dan hasilnya mesin dapat kembali normal seperti semula.


Komentar