TROUBLESHOOTING MESIN MATI SAAT AKSELERASI PADA MITSUBISHI COLT T 120 SS

PENYEBAB MESIN MATI SAAT AKSELERASI PADA MITSUBISHI COLT T 120 SS


Kendaraan colt t 120 ss banyak sekali troubel yang terjadi.Sering kita menjumpai trouble yang sulit sangat lama dalam menganalisa dan memperbaikinya akan tetapi setelah ketemu akan penyebabnya sebenarnya sederhana.

Kali ini ada kendaraan customer yang datang ke bengkel untuk melakukan service yaitu kendaraan mitsubishi colt t 120 ss.Trouble dan masalah yang di keluhkan adalah ketika kendaraan di hidupkan dan akan di gas atau di akselerasi tibaa-tiba mesin mati.

Saat di lakukan pemeriksaan dengan scan injeksi tidak di temukan trouble code di diagnosanya.Bingung bukan?
Di kendaraan ada trouble tapi di scan injeksi trouble tidak muncul.Dari sini bisa kita lihat pad menu data list di scan injeksi.Kita harus tahu nilai dari sensor yang normal ketika kendaraan tidak terjadi masalah sehingg bisa menjadi pembanding jika kendaraan yang sama mengalami masalah.

Sensor yang berhubungan dengan kendaraan yang trouble ini yaitu ketika di akselerasi atau waktu di gas.Sehingga dengan pengalaman dan pengetahuan dapat di analisa sensor yang berhubungan dengan trouble ini adalah throtle position sensor.Sensor ini mendeteki pembukaan throtle valve sehingga akan memberikan perintah ke engine control unit untuk menambah bahan bakar yang menandakan kecepatan engine naik.Dari sini pada data list kita lihat ketika kendaraan di onkan maka dan pedal gas kita tekan maka nilai dari sensor tersebut harus naik secara bertahap sesuai dengan pembukaan throtle valve.Jika nilai sensor tidak bisa naik secara bertahap kemungkinan sensor mengalami kerusakan atau ada wiring system yang mangalami open circuit atau putus.

Jika masih bingung antara sensor atau wiring yang putus maka dengan meminjam throtle position sensor kendaraan normal di pasangkan di kendaraan yang trouble tadi.Jika trouble masih maka sensor tersebut tidak rusak,kemungkinan besar adalah masalah apada wiringnya.

Pengalaman service yang saya temui adalah sensor tidak mengalami kerusakan akan tetapi jalur wiring harness atau kabelnya mengalami open circuit atau putus.Pada posisi mana kabel yang putus kita harus urutkan jalur kabel sensor tersebut satu persatu dan anti akan di temui bagian mana yang putus.Jika masih bingung saya sarankan untuk membongkar kabel yang letaknya seperti gambar di atas di karenakan hampir semua trouble yang saya temui masalah timbul di kabel pada posisi itu.Yaitu kabel sebelah kiri mesin bagian bawah busi yang menempel di chasis.

Uraikan kabel satu persatu sambil di teliti kemungkinan ada kabel yang serabutnya putus di dalam.Mungkin kalau di lihat dari luar kabel tidak putus akan tetapi serabut tembaga bagian dalam yang putus.Pastika sekali lagi dan jika memang ada yang putus di sambung menggunakan solder biar hasilnya dan sambungannya lebih kuat.Ketika sudah di sambung coba periksa apakah trouble sudah teratasi atau belum.Jika di lihat dari data list scan injeksi pada sensor tersebut nilainya bisa naik sesuai dengan pembukaan throtle valve maka masalah sudah teratasi.Hidupkan mesin dan gas secara perlahan maka kecepatan mesin juga akan naik.

Semoga bermanfaat pengalaman saya kali ini sehingga bisa membantu anda dalam menangani trouble yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari.

Komentar