TROUBLESHOOTING MESIN PAJERO SPORT MOGOK DARI INJECTOR BOCOR


Pada kendaraan pajero sport saya pernah mengalami tentang trouble pada injector yang bocor.Ini terjadi pada kendaraan pajero sport dengan rentan kilometer sekitar enam puluh ribuan.Kronologi awalnya dari pemilik kendaraan mengeluhkan asap knalpot sangat banyak dan bau solar yang menyengat.

Kami lakukan pemeriksaan memang pada knalpot saat mesin hidup banyak asap putih seperti ring seker atau piston sudah aus sehingga perlu di lakukan engine over houle.Akan tetapi dengan asap tebal tersebut tercium bau solar yang sepenuhnya tidak terbakar sehingga akan terasa di mata sangat perih.

Bukan hanya itu di bagian ujung knalpot juga keluar cairan semacam oli dan kental berwarna coklat bening.Setelah di lakukan pemeriksaan cairan tersebut adalah solar yang tidak terbakar keluar melalui exhaust manifold dan menuju ke knalpot.

Dari analisa ini sangat di mungkinkan bahwa kendaraan pada injectornya menyemprotkan bahan bakar terlalu banyak sehingga bahan bakar solar tadi tidak ikut terbakar.Di lakukan pembongkaran terhadap injector dan di lakukan pemeriksaan injector.

Cara pemeriksaan injector pada pajero sport berbeda dengan cara pemeriksaan injector pada kendaraan diesel yang bukan menggunakan common rail system.Untuk common rail pemeriksaan injecto harus menggunakan tegangan agar bisa mengaktifkan solenoid pada injector untuk mengabutkan bahan bakar.Jika solenoid tidak on maka tidak akan terjadi pengabutan bahan bakar.

Pada injector kendaraan ini saat di lakukan pemeriksaan tanpa menggunakan tegangan untuk mengaktifkan solenoid di lakukan pressure pada injector dan bahan bakar langsung keluar dari ujung inejctor.Hal ini adalah sesuatu yang tidak wajar dan injector mengalami kerusakan yaitu injector bocor.Seharusnya untuk kondisi injector yang bagus atau normal adalah saat injector di kasih pressure dengan injector tester maka ujung injector tidak mengeluarkan bahan bakar,akan tetapi setelah di beri tegangan,solenoid akan on dan terjadi pengabutan.

Penggantian injector di lakukan pada semua injector yaitu ke empat injector di ganti dan sebelum di ganti di pastikan dengan memeriksa injector yang baru dengan injector tester.Pasang semua injector beserta komponenya dan setelah mesin hidup di lakukan test drive.Hasilnya kendaraan kembali normal dan tidak ada trouble lagi yang muncul.

Jangan lupa setelah penggatian inejctor maka check engine akan menyala setelah mesin hidup.Ini adalah hal yang wajar karena injector akan melakukan learning.Dan setelah learning beberapa menit selesai maka check engine akan mati dengan sendirinya.

Komentar