Penyebab Kopling Berat Pada Kendaraan Yang Wajib Diketahui


Sering kali saya menemukan pemilik kendaraan colt diesel canter mengeluhkan pedal koplingnya berat.Saat kendaraan datang ke bengkel memang saya lakukan pemeriksaan dengan menginjak pedal kopling dan hasilnya memang berat.Hal ini di karenakan pada release hub mengalami kotor sehingga pergerakan release bearing atau sering di sebut drek laker agak terhambat akibatnya terasa berat pada saat kita menginjak pedal kopling.

Bila menemukan trouble seperti ini sebaiknya lakukan pembongkaran pada koplingnya kemungkinan ada komponen yang kotor.Kemungkinan yang lain jika pedal kopling berat adalah kampas koplingnya sudah aus dan tipis sehingga saat clucth cover atau matahari menekan kampas kopling atau clucth disc maka akan tertekan dan terasa berat.

Saat melakukan pembongkaran periksa semua komponen kopling dari pilot bearing macet atau tidak,drek laker bunyi ngerik,matahari dari keausan dan kampas kopling itu sendiri.Kebanyakan untuk kendaraan niaga kampas koplingnya di ganti dengan ribilan bukan ganti assy.Akan tetapi efek dari ganti kampas kopling ribilan kopling masih terasa berat dan kemungkinan dalam jangka waktu lama yang aus bukan kampas koplingnya akan tetapi pada fly wheelnya.Di karenakan kualitas kampas kopling ribilan lebih keras dan kuat.

Alangkah baiknya jika penggantian menggunakan kampas kopling genuine part agar komponen yang lain tidak ikut rusak jika terjadi kerusakan yang sama.Setelah di lakukan pembersihan semua komponen yang berhubungan dengan kopling dan kampas kopling di ganti maka pedal kopling menjadi normal lagi seperti semula yaitu ringan berbeda dengan waktu kendaraan sebelum di service.

Jangan lupa juga karena kendaraan koplingnya di gerakan oleh komponen hidrolik maka sebaiknya ganti juga minyak kopling agar hasil lebih maksimal menghindari pekerjaan ulang di bengkel jika suatu saat terjadi bocor atau rembesan pada keep koplingnya.