TROUBLESHOOTING SUARA GLAK-GLAK PADA TRANSMISI COLT DIESEL CANTER


Mitsubishi colt diesel canter merupakan kendaraan niaga dengan penjualan terbesar di seluruh indonesia.Dari pedesaan sampai perkotaan ada kendaraan colt diesel yang lalu lalang di jalan.Untuk pengangkut berbagai kebutuhan sehari-hari dan memajukan perkeonomian di indonesia.

Untuk kali ini saya akan membagikan tips agar kendaraan anda tetap terawat pada gigi transmisinya.Hal ini di karenakan trouble yang saya alami ini merupakan trouble yang terjadi pada kendaraan colt diesel canter yang mengalami masalah bunyi glak-glak pada transmisinya saat kendaraan berhenti dan mesin dalam keadaan stasioner.

Bunyi glak-glak terdegar sangat keras dan muncul dari dalam transmisi,ketika kopling di injak maka suara tersebut hilang.Jadi analisa saya adalah trouble muncul dari mekanisme gear di dalam transmisi.

Di lakukan pembongkaran terhadap transmisi tersebut dan hasilnya memang terlihat ada sebagian gigi transmisi yang patah seperti terlihat pada gambar di atas.Gear patah terjadi pada counter gear atau istilah bengkel adalah gigi renteng.Dan gear yang satunya biasanya adalah gear yang berhubungan langsung dengan gigi counter yang rusak tadi.

Kali ini untuk gear yang patah adalah untuk gigi no empat.Jadi untuk penggantiannya adalah ganti gigi renteng atau counter gear dengan gigi transmisi no empat.

Sebaiknya jika sudah di lakukan penggantian kedua gear tadi maka ganti juga bearingnya karena usia bearing juga berpengaruh terhadap suara dan beban dari transmisi terutama saat kendaraan dalam muatan berat.Untuk mengantisipasi kerusakan seperti ini maka ganti oli transmisi sesuai dengan buku pedoman service kendaraan baru yaitu di ganti secara berkala setiap tiga puluh ribu kilometer.

Dari analisa ini penyebab gear counter dan gear transmisi bisa patah bisa di sebabkan oleh pemakaian gigi kecepatan tinggi dengan putaran mesin rendah.Karena hal ini putaran mesin dan perbandingan gigi tidak seimbang apalagi jika kendaraan muatan berat maka bisa menyebabkan gear patah saat kendaraan mulai di jalankan.Terutama saat angkatan pertama di karenakan ada hentakan yang keras dari putaran di dalam transmisi.


Penulis  : Edy Saputra

Komentar