CARA MEMPERBAIKI ENGINE PINCANG PADA COLT 120SS

ENGINE HUNTING PADA COLT T 120 SS


Jumpa lagi dengan saya kali ini,gimana kabarnya di bengkel semoga bengeklnya tambah ramai sehingga rezeki kita bertambah.Amin

Sobat mekanik memang dalam menangani suatu trouble shooting di perlukan penanganan yang khusus tentunya dengan pengalaman dan pengaetahuan kita.Dengan seiring berjalanya waktu dengan setiap hari bergelut tentang otomotif maka kita tidak terasa terasah pikiran kita sehingga skill dan pengetahuan akan bertambah.

Dari trouble yang kita bahas kali ini adalah tentang mesin colt t 120 ss yang saat stasioner mengalami engine hunting atau mesin pincang.

Untuk kendaraan mitsubishi colt t 120 ss tahun 2010 kebawah untuk sensor mengatur campuran bahan bakar menggunakan variable resistor.Akan tetapi untuk kendaraan 2011 keatas menggunakan oksigen sensor untuk mengatur campuran bahan bakarnya.

Nah dari sini sering saya menemukan trouble mesin pincang atau hunting saat stasioner dan ternyata kalau di lihat dari data scan injeksi untuk nilai dari variable resistor tidak dapat berubah jika kita melakukan penyetelan.Maka dari itu karena nilai sensor tidak bisa berubah maka dapat di katakan sensor variable resistor mengalami kerusakan.

Dari jenis sensor ini karena menggunkan variable resitor maka kita saat rusak tidak perlu mengganti dengan variable resistor sesuai barang genuinenya.Kita bisa membuat sendiri dengan cara membeli variable resistor di toko electronik sehingga kita pasangkan langsung di socket tersebut.

Variable resistor yang bawaan kendaraan menggunakan terminal tiga pin dan varible resistor yang kita beli di toko electronic juga sama persis sehingga kita tinggal pasang langsung dan di beri perekat yang kuat agar tidak goyang.

Setelah di pasang variable resistor baru maka lakukan penyetelan secara manual sampai di dapat putaran mesin atau stasioner dalam keadaan stabil.Langkah yang sangat mudah dan murah jika kita tahu bahwa jika spare part tersebut rusak dapat di ganti dengan barang yang fungsinya sama dan dapat bekerja secara baik,tentunta dengan harga yang terjangkau pula.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa di share agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya,semoga sukses.

Komentar