Exhaust Brake Mati Pada Colt Diesel Canter Ternyata Dari Switch Ini Penyebabnya

SWITCH KOPLING DAN SWITCH GAS UNTUK EXHAUST BRAKE


Sobat blogger masih membahas tentang trouble shooting tentang exhaust brake pada kendaraan.Penting memang exhasut brake di aplikasikan di kendaraan comercial terutama kendaraa niaga dengan beban muatan.

Exhaust brake sendiri berfungsi untuk membantu sistem pengereman sehingga kinerja rem tidak terlalu berat dan juga dapat mengurangi keausan kampas rem lebih cepat sehingga kampas rem akan tetap awet.

Masih tentang exhaust brake yang tidak bisa berfungsi normal dalam hal ini exhaust barek tidak bisa menahan laju kendaraan saat switch di ON kan.Sebelumnya anda tahu jika switch exhaust brake ada control indikator di dashboardnya.Sehingga apabila exhaust brake di ON kan maka lampu indikator tersebut akan menyala.

Jika lampu indikator tidak menyala maka kemungkinan ada komponen switch yang tidak bisa terhubung sempurna.Untuk sistem rem ini menggunakan tiga buah switch yang dihubungkan secara seri yaitu switch di pedal gas,switch di pedal kopling dan terakhir switch di transmisi.

Switch yang kita bahas kali ini ada dua switch yang ada di pedal kopling dan pedal gas.Untuk pedal gas dan switch pedal kopling  merupakan switch normaly close.Yang artinya jika switch dalam posisi bebas maka switch tersebut tidak terhubung.Apabila switch tersebut di tekan pada ujungnya dengan cara kedua pin di cek menggunakan ohm meter maka ada hambatan yang artinya terhubung.Jika terhubung saat switch di tekan maka switch tersebut dalam kondisi baik.

Apabila saat switch ujungnya di tekan tidak ada hambatan maka kemungkinan switch tersebut rusak.Nah dari sini kita bisa analisa kerusakan switch yang menyebabkan exhaust brake tidak bekerja.

Meskipun switch dalam kondisi baik namun saat pemasangan dan penyetelan switch tidak pas maka juga berakibat exhaust brake mati.Periksa terlebih dahulu kedua switch tersebut saat pemasangan ataupun hubungan terminal.

Jika kontrol indicator switch exhaust brake sudah menyala saat switch di ON kan dengan posisi kunci kontak ON coba kita periksa sekali lagi kedua switch tadi dengan cara tekan pedal gas secara perlahan maka jika switch exhaust brake tidak dalam posisi tertekan pedal gas maka control indikator akan mati.Hal ini adalah normal,kemudian lepas pedal gas.Pedal gas akan menekan kembali switch sehingga control indikator akan menyala kembali.

Begitu pula cara pemeriksaan untuk switch di pedal koplingnya sama persis seperti saat melakukan pemeriksaan switch di pedal gas.Selamat mencoba dan belajar semoga bermanfaat.

Komentar