MENGETAHUI UMUR BAN DENGAN MEMBACA KODE TAHUN PEMBUATAN

UMUR BAN DILIHAT DARI KODE TAHUN PEMBUATAN


BAN - Sobat blogger bagi yang belum tahu tentang ban maka dengan membaca artikel ini akan lebih jelas bahwa ban mempunyai masa aktif pemakaian.

Ban mobil yang baru dibeli tidak menjamin ban itu baru keluar dari pabrik.Sementara ban yang layak pakai adalah ban yang berumur tidak lebih dari 3 tahun sejak ban itu diproduksi.Artinya ban mobil yang lebih dari 3 tahun berada di toko ban sudah tidak layak pakai dan jika anda membelinya karena tidak mengetahui maka anda rugi.

Bahan utama ban mobil adalah karet yang rentan getas atau kehilangan daya kelenturan seiring dengan bertambahnya waktu.Bila ban mobil lebih dari 2 tahun ditoko maka ban tersebut akan mengeras sehingga daya serap terhadap benturan dan daya cengkeram ke jalan berkurang sehingga ban performanya menurun.

Pada dinding ban tertera kode ban,tertera kode yang mengisyaratkan spesifikasi ban.Anda harus tahu ini agar saat membeli ban anda bisa memilih ban bahwa ban tersebut baru keluar dari pabriknya.Banyak kode yang tertera di dinding ban dari ukuran ban,diameter,batas kecepatan maksimal,tipe ban,kode produksi dan lain sebagainya.

Yang penting disini adalah kode tanggal produksi ban.Kode tanggal produksi ban tertera pada dinding ban dalam 4 digit angka.Dimana 2 digit pertama adalah minggu dan 2 digit terakhir adalah tahun pembuatan.Sebagai contoh jika pada ban di dindingnya tertera kode 4210 maka artinya ban tersebut di produksi pada minggu ke 42 pada tahun 2010.

Selalu perhatikan kode ban saat anda akan membeli ban karena jika anda tidak mengetahuinya maka kenyamanan saat mengendarai akan terasa beda karena pemilihan ban yang salah.Seharusnya ban baru terasa lebih elastis dikarenakan produksi lama sehingga ban menjadi lebih kaku dan mengeras.

Perhatikan tanggal saat anda membeli ban,jika sekarang berada di tahun 2017 maka jangan membeli ban dengan kode tahun pembuatan lebih tua dari 2014.

Jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat untuk semua pemilik kendaraan agar lebih teliti saat membeli ban sehingga ban tetap elastis dan nyaman saat dikendarai.

Komentar