PARKING BRAKE ATAU REM PARKING TIDAK BERFUNGSI INILAH PENYEBABNYA

PENYEBAB PARKING BRAKE ATAU REM PARKIR TIDAK BERFUNGSI


Parking brake atau rem parkir merupakan rem yang di gunakan untuk posisi parkir atau kendaraan berhenti untuk parkir dalam posisi miring sehinggadi perlukan rem yang bisa menahan roda agar tidak berjalan pada posisi kendaraan miring saat di tinggalkan oleh pemilik kendaraan.

Untuk beberapa kendaraan rem parkir menjadi satu kesatuan dengan rem utama pada rem bagian belakang.Beberapa kendaraan juga terpisah dengan rem utama sehingga komponen menjadi lebih banyak dan posisinya juga menjadi kesatuan di dalam rem belakang dengan desain yang lebih baik.

Kali ini saya akan memberikan info tentang rem parkir pada kendaraan colt diesel canter.Yang di mana rem parkir terletak antara transmisi dengan differentianya menjadi satu terhubung pada propeller shaft.Karena colt diesel merupakan kendaraan niaga sering muatan dengan berbagai kondisi jalan menurun dan tanjakan maka di perlukan sekali rem parkir agar kendaraan tetap aman dalam berbagai kondisi jalan baik itu muatan beban atau tanpa muatan beban.

Jika kendaraan kita tarik rem parkirnya atau parking brakenya tidak bisa menahan kendaraan yaitu pada posisi jalan menurun kendaraan masih berjalan meskipun rem parkir sudah kita tarik sekuat tenaga.Hal ini di mungkinkan adalah penyetelan hand rem perlu di lakukan.

Apabila sudah di lakukan penyetelan parking brake namun hasil rem parkir tidak maksimal maka lakukan pemeriksaan terhadap kampas parking brakenya.Kemungkinan kampas rem parkirya sudah aus dan perlu di lakukan penggantian.

Hal sering terjadi pada kendaraan khususnya pengemudi baru atau yang mungkin baru bisa mengendarai kendaraan kebanyakan saat parkir rem parkir di tarik kemudian saat kendaraan akan berjalan rem parkir lupa di lepas sehingga kampas rem akan terkikis oleh tromol karena roda berputar.

Sampai lupa dengan perjalanan terlalu jauh maka akan muncul bau seperti terbakar sehingga kampas rem akan hangus terlihat hitam terkena panas.Jika hal ini di biarkan maka kampas rem dan tromol akan terlalu panas dan roda bisa meletus karena panas akan merembet ke roda kemudian ke ban.

Selalu perhatikan parking brake atau rem parkir ketika anda akan menjalankan kendaraan pertama kali.Jika anda sudah terbiasa maka akan mengetahui perbedaan antara parking brake yang sudah di lepas atau belum di lepas,karena rem parkir yang belum di lepas maka tenaga mesin akan terasa berat karena posisi rem parkir masih mengunci.

Di dashboard juga ada control tanda rem parkir,apabila rem parkir di tarik maka lampu indikator akan menyala dan apabila rem parkir di lepas maka akan mati.Selalu perhatikan control indikator lampu tanda rem parkir.

Semoga bermanfaat artikel kali ini dan jika sangat bermanfaat silahkan di share agar para pemilik kendaraan lebih mengerti dan tahu cara yang benar menggunakan parking brake atau rem parkir.

Komentar