PENYEBAB MITSUBISHI GALANT MESIN PINCANG DAN TENAGA KURANG

TENAGA MESIN MITSUBISHI GALANT HILANG SAAT AC DI NYALAKAN


Masih seputar dunia otomotif sobat blogger pecinta otomotif.Memang suatu pekerjaan tidak lepas dari yang namanya hobi.Dengan hobi kita dapat menciptakan dan suatu pekerjaan dan sebagian pekerjaan yang kita lakukan  adalah dari hobi.

Saya ceritakan diri saya sendiri bahwa saya sangat suka dengan otomotif dan perkerjaan juga masih seputar tentang otomotif yaitu dunia perbengkelan.Karena jika kita bekerja sesuai dengan minat dan hobi maka pasti tidak ada kata yang namanya bosan,malah semakin cinta terhadap pekerjaan dan menikmati pekerjaan tersebut.

Sobat blogger kali ini ada permasalahan tentang kendaraan mitsubishi galant yang mengalamai masalah engine tenaga kurang dan pincang terutama saat ac dinyalakan.Dari analisa ini karena trouble terjadi hanya saat ac on maka kemungkinan penyebab adalah dari sistem bahan bakar dan pengapian atau stasioner kurang besar.

Maka di lakukan pemeriksaan engine tune up dari pemeriksaan busi,kabel busi,filter bensin luar,filter bensin dalam tangki dan lain sebagainya yang berhubungan dengan permasalahan tersebut.Dari busi yang sudah aus kemudian di ganti dan kabel busi juga tahan terlalu tinggi sehingga perlu dlakukan penggantian akan tetapi hasilnya masih sama tidak ada perubahan.

Dilakukan pemeriksaan pada keenam injektornya dengan cara mesin hidup sambil kita lepas socket injektor satu persatu dengan kita merasakan mesin apakah ada perbedaan stasioner.Jika kita lepas injektor ada perubahan di mesin menjadi pincang dan getar menandakan bahwa injektor dalam keadaan baik.Akan tetapi jika kita lepas socket dan mesin tidak ada perubahan menandakan bahwa injektor bermasalah.

Dari pemeriksaan itu didapatkan injektor nomer 1 , 2 , dan 5 tidak mengalami perubahan saat socket dilepas.Untuk itu kami lakukan pemeriksaan injektor dan di lepas dari mesin.Injektor di masukan ke thiner dan di rendam kurang lebih satu jam.Hal ini bermaksud agar kerak dan kotoran di injektor dapat rontok sehingga akan menjadi bersih.

Setelah di rendam kemudian dibersihkan dengan menggunakan injection cleaner pada ujung injektornya beberapa kali sampai cairan yang keluar dari ujung injektor sangat bersih dan bening.Jika semua injektor sudah di lakukan pembersihan lalu pasang kembali di mesin sesuai urutanya.Jangan lupa untuk seal injector di pasang dengan baik untuk menghindari kebocoran bahan bakar.

Setelah mesin dihidupkan dan ac di nyalakan mesin tidak pincang lagi dan tenaga mesin sudah kembali normal sesuai semula.Untuk menambahkan lagi tenaga mesin agar lebih power maka Induction Motor Servo valve kita tutup setengah agar udara yang masuk ke mesin dapat langsung tanpa harus melalui jalur yang panjang.

Kendaraan mitsubishi galant ini di lengkapi dengan Induction Motor Servo yang berfungsi untuk mengalirkan udara dengan jalur yang lebih panjang saat beban atau kecepatan mesin rendah.Akan tetapi untuk kecepatan tinggi aliran udara dapat langsung masuk ke mesin melalui valve yang dapat dibuka oleh motor servo.Jadi kecepatan mesin bertambah dan aliran udara juga lebih cepat sehingga power engine akan meningkat.

Trouble shooting dengan masalah yang sama dapat juga di lakukan perbaikan dan hasil permasalahan yang berbeda-beda.Untuk trouble kali ini permasalahan dari injector untuk itu artikel ini dapat sebagai acuan untuk melakukan trouble shooting di bengkel anda.

Jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Komentar