POWER STEERING BERAT KARENA OLI REMBES AKIBAT DARI OIL SEAL RUSAK PADA MITSUBISHI CANTER

POWER STEERING BERAT KARENA OLI REMBES AKIBAT DARI OIL SEAL RUSAK



Hampir semua kendaraan sudah di lengkapi dengan power steering.Power steering sendiri ada yang menggunakan sistem hidrolik atau dengan sistem electronik.Sistem hidolik di kontrol oleh oli dan electronic power steering di kontrol oleh beberapa sensor dan actuator.

Sistem hidrolik sangat rentan akan adanya kebocoran oli sehingga membuat steering akan menjadi berat.Jika kendaraan sudah lama maka seal dan selang kualitasnya akan menurun sehingga oli akan rembes dari komponen tersebut.

Mari kita bahas steering berat yang di sebabkan oleh kebocoran oli yang di akibatkan oleh seal yang sudah rusak,Untuk mitsubishi colt diesel ada dua jenis power steering yang di gunakan pada kendaraan tersebut.Satu jenis yang biasanya oli rembes dari seal bagian atasnya gearbox.Seal ini biasanya dapat di buka dari atas dengan mudah tanpa harus membongkar gearbox.Untuk tipe yang satunya seperti gambar di atas menunjukan bahwa seal yang jika rembes waktu membukanya harus membongkar gearbox secara penuh sehinga bisa mengganti seal tersebut.

Banyak sekali dari kendaraan mitsubishi canter mengalami seal yang rembes dari bagian atas gearbox.Sehingga jika sudah rembes dan di biarkan lama-kelamaan steering akan terasa berat.Jangan sepelekan oli power steering yang rembes karena bisa berakibat pompa power steering akan rusak karena jumlah oli yang kurang sehingga tidak ada pelumasan pada komponen pompa steeringnya.

Untuk seal yang jika mengganti harus membongkar penuh gearbox untuk sementara dari dealer belum menyediakan karena dari pabrik jika seal rusak harus mengganti assy gearboxnya.Berbeda jika gearbox tipe yang satunya jika seal rusak bisa di lepas pada bagian atas gearbox tanpa harus membongkar gearboxnya.Dan seal yang tipe ini di dealer sudah menyediakan yang genuine part.

Memang di pasaran banyak di jual seal power steering akan tetapi kualitas dan bahanya sangat berbeda sekali.Mungkin jika di pasang seal yang imitasi,umur dari part tersebut tidak akan lama sehingga dalam jangka waktu dekat akan bocor lagi oli power steeringnya.Berbeda dengan genuine part maka seal tersebut mampu menahan tekanan oli power steering dan bahan juga kuat terhadap perubahan bahan kimia yang terkandung di oli power steering sehingga kan lebih tahan lama.

Saran saya meskipun harga genuine part sedikit lebih mahal akan tetapi umur pemakaian akan lebih lama dan kualitas partnya tidak akan bisa di tandingi oleh part imitasi.

Komentar