STEERING GOYANG KARENA SUSPENSI DEPAN LEAF SPRING PATAH

LEAF SPRING SERING PATAH


Pada kendaraan niaga sebagian menggunakan tipe suspensi yang di lengkapi dengan leaf spring atau per pegas daun.Karena pernya berbentuk daun sehingga istilah awam sering di sebut dengan per daun.

Beberapa leaf spring di susun sedemikian serupa agar di hasilkan tipe suspensi yang lebih stabil dan nyaman.Untuk kendaraan mitsubishi colt diesel berbeda beda untuk beberapa tipe kendaraan.Karena ada beberapa varian sehingga tipe pegas daunnya pun berbeda.

Karena kendaraan niaga sering operasional tinggi dengan mambawa muatan sehingga banyak yang mnegeluhkan per depan atau belakang pada pegas daunnya sering mengalami patah.Karena sering patahnya pegas daun ini apakah kualitas pegas daun yang kurang baik atau dari segi pemakaian sehari-hari.Mungkin juga karena muatan yang melebihi tonase dari standartnya sehingga over load.Bisa juga karena kondisi jalan yang jelek sehingga membuat para pengendara berhati-hati dalam mengendarai kendaraanya.

Semua analisa tersebut juga bisa benar juga bisa salah terutama pada kualitas leaf springnya.Karena pabrik sudah mendesain dan membuat pegas daun sesuai dengan kapasitas dan kemampuan dalam menahan beban.Misalkan pegas daun hanya mampu menahan berat beban 5000kg dan kendaraan di beri tonase melebihi 5000 kg maka pasti per daun tidak bisa menahan beban yang terlalu over load.

Di tambah cara mengendarai driver saat melewati jalan yang rusak dalam kecepatan tinggi sehingga kelenturan pegas daun akan semakin berat sehingga mengakibatkan leaf spring atau per daun akan patah.

Per daun pada ujungnya menempel ke chasis dan di dalamnya ada bhusing.Bhusing ini selalu di kasih grease agar selalu perdaun dapat bergerak bebas sesuai dengan kondisi jalan.Jika bhusing per daun macet maka bisa jadi kelenturan leaf spring kurang dan mengakibatkan per daun patah.

Sebenarnya per sering patah pada kendaran akan berakibat sistem kemudi menjadi tidak stabil karena beban kendaraan tidak ada yang menopang sempurna.Untuk menjaga per agar tetap baik tidak sering patah maka saat anda melewati jalan rusak harus dengan jalan perlahan-lahan.Selalu pada suspensi depan di lakukan grease agar bhusing dan komponen yang bergerak selalu terjaga dari kerusakan.

Semoga bermanfaat artikel kali ini buat para pemilik kendaraan agar selalu merawat kendaraanya sehingga umur kendaraan akan lebih lama dan bisa membantu dalam usaha anda semakin sukses.Jangan lupa di share jika memang informasi ini bermanfaat.

Komentar