TERNYATA INI SALAH SATU PENYEBAB AC MOBIL TIDAK DINGIN

TERNYATA INI SALAH SATU PENYEBAB AC MOBIL TIDAK DINGIN



Saya memang bukan ahli di bidang air conditioner atau sistem AC tapi saya juga mengerti dan sedikit paham tentang cara kerja dan komponen juga fungsi dari masing-masing komponen dari sistem ac.

Kendaraan lebih nyaman jika menggunakan sistem ac karena dengan udara yang sejuk juga dingin di dalam kabin membuat kita driver akan merasakan kenyamanan saat berkendara.Meskipun udara di luar panas ataupun hujan kita didalam kendaraan tetap nyaman.polusi debu dan kotoran juga tidak bisa masuk ke dalam kabin sehingga udara yng kita hirup selalu bersih dan terjaga.

Hal sering kita lupakan saat melakukan service ac adalah bagian evaporatornya.Memang lokasi komponen ini ada di dalam dan di bawah dashboar sehingga untuk melepas dan membukanya di perlukan waktu lebih lama sehingga pemilik kendaraan harus benar-benar sabar menunggu kendaraanya di service.

Jika hanya menambah freon agar ac tetap dingin maka anda sangat salah.Evaporator ini merupakan komponen mendinginkan temperatur agar di hasilkan hembusan udara yang dingin jika kotor maka akan berakibat udara yang di hembuskan melewati evaporator juga akan menurun atau tidak dingin lagi.Bentuk yang seperti radiator ini terdapat kisi-kisi yang debu akan menempel menyebabkan menggumpal dan membuat korosi jika di biarkan terlalu lama.Dari korosi ini bisa menyebabkan evaporator bocor dan freon akan cepat habis menyebabkan kerja ac tidak maksimal sehingga ac menjadi panas.

Apabila evaporator bocor hanya perlu menambalnya saja jika kebocoran terjadi sangat kecil.Apabila terdapat kebocoran di beberapa titik maka sebaiknya ganti evaporator dari pada ke depannya terjadi kebocoran lagi dan harus bongkar dashboard sehingga kerja dua kali dapat dihindari.

Bila kendaraan anda belum pernah memeriksaan evaporatoe pada sistem ac nya maka dengan membaca artikel ini anda bisa mencoba servicekan ac anda ke specialis ac agar sistem ac kendaraan anda tetap dapat bekerja normal dan bebas dari kerusakan.

Komentar