TROUBLE SHOOTING ENGINE CHECK LAMP MENYALA DAN ENGINE KADANG MATI

CHECK ENGINE LAMP MENYALA DAN MESIN KADANG MATI


Sobat blogger masih berbicara tentang trouble shooting pada kendaraan mitsubishi triton atau pajero sport.Karena kedua kendaraan ini menggunakan tipe mesin yang sama yaitu engine 4D56 common rail system.

Untuk kendaraan yang lama masih menggunakan tipe fuel filter atau saringan bahan bakar seperti yang di atas.Akan tetapi untuk kendaraan baru sudah menggunakan tipe fuel filter yang berbeda.Bukan lagi menggunakan tipe bahan dari besi plat akan tetapi menggunakan plastik sebagai pembungkusnya.

Kali ini kita berbicara tentang trouble shooting yaitu engine check lamp menyala dan mesin kadang-kadang mati sendiri.Setelah kendaraan berhenti dan  mesin di matikan beberapa saat kemudian mesin di nyalakan kembali maka mesin akan normal dan bisa nyala lagi.

Setelah di lakukan test jalan untuk memastikan trouble tersebut diketahui bahwa sebelum engine mati muncul tarikan berat dan agak tersendat-sendat.Seperti kehabisan bahan bakar.Setelah tersendat-sendat mesinya kemudian mati sendiri.Setelah berhenti beberapa saat mesin dinyalakan lagi dan mesin kembali normal.

Dari trouble dan dilakukan test jalan maka analisa dari trouble tersebut kemungkinan besar adalah pada sistem bahan bakarnya.

Pemeriksaan di lakukan pada semua pada sistem bahan bakarnya.Dari fuel filter kita buka dan hasilnya filter solar sangat kotor sekali kemudian kami ganti sesuai dengan genuine spare partnya.

Jalur atau line bahan bakar kami periksa semua dengan cara selang-selang yang berhubungan dengan jalur bahan bakar kita lepas dan di semprot atau di tiup dengan angin bertekanan tinggi sehingga kotoran-kotoran yang ada di dalam selang dapat keluar.

Yang terakhir karena di lihat di fuel filter kotoranya sangat banyak maka untuk hasil maksimal adalah membersihkan atau menguras tangki bahan bakar.Karena jika fuel filter sudah di ganti dan jalur bahan bakar sudah di bersihkan namu tangki tidak di kuras maka perbaikan ini belum maksimal.Bisa jadi kotoran didalam tangki dapat naik kembali ke fule filter dan menyebabkan trouble akan muncul kemabali.

Setelah proses perbaikan selesai maka di lakukan kembali test jalan dan hasilnya tenaga mesin sangat bagus dan trouble check engine menyala juga mesin kadang mati sudah tidak muncul.Masalah sudah teratasi dan dalam seminggu kami follow up ke pelanggan kendaraan tidak lagi mengalami trouble tersebut.

Dari trouble ini saya simpulkan adalah kualitas bahan bakar yang dapat mempengaruhi power engine dan menyebabkan fuel filter tersumbat sehingga check engine menyala dan mesin kadang mati.Karena bahan bakar solar di beberapa tempat berbeda kualitasnya maka lebih baik memakai bahan bakar pertadex untuk kendaraan diesel common rail system.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share jika memang informasi ini berguna dan bermanfaat untuk semua.Jika ada masalah atau trouble dapat menuliskan di kolom komentar,apabila saya bisa dan mampua kan senang hati membantu anda.Salam sukses

Komentar