TROUBLESHOOTING BUNYI ABNORMAL PADA KENDARAAN SAAT DI REM

PENYEBAB BUNYI MENDECIT SAAT DI REM PADA KENDARAAN


Masih mengulas tentang trouble shooting yang sering terjadi pada kendaraan.Para sobat blogger yang suka akan dunia otomotif dan bekerja sebagai mekanik maka analisa penyebab dan perbaikan yang tepat pada kendaraan akan membuat pelanggan kita puas dan akan loyal terhadap bengkel kita.

Pada kali ini saya akan memberikan sedikit pengalaman tentang bunyi abnormal pada kendaraan terutama saat kendaraan di rem.Bunyi mendecit seperti besi menempel dengan besi sehinga sangat mengganggu sekali untuk pemilik kendaraan saat mengendarai.

Untuk masalah ini seperti keluhan pelanggan tadi ada suara mendecit saat di rem kemungkinan suara itu berasal dari sistem rem.Karena saat pedal rem di lepas suara abnormal tersebut hilang.

Maka di lakukan pembongkaran terhadap sistem rem pada keempat rodanya.Dan memang setelah di lakukan pembongkaran terhadap roda di dapatkan untuk sistem rem pada roda depan kampas rem atau disc pad sudah aus.Keausan ini sampai terlalu extrem sehingga kampas rem habis tinggal besinya saja.Karena masih di buat jalan dan juga di lakukan pengereman maka suara tadi yang timbul adalah kampas rem atau disc pad bersentuhan dengan disc brake atau cakramnya.

Jika keausan atau kerusakan disc brake terlalu banyak karena gesekan besi sama besi maka sebaiknya disc brake perlu di lakukan pembubutan atau penyelepan agar permukaan rata kembali.Apabila tidak maka balance disc brake tidak seimbang sehingga saat di lakukan pengereman maka di pedal rem akan terasa getar.

Masalah rem sampai kehabisan seharusnya dapat di deteksi lebih dini dari pemilik kendaraan atau dari drivernya yang sering mengendarai.Kenapa bisa tahu lebih awal karena jika kampas rem semakin tipis dari pedal remnya juga akan semakin dalam.Sehingga saat kita menginjak pedal rem maka jarak pedal rem dari lantai kendaraan akan semakin dekat menandakan kamaps rem atau disc pad sudah semakin tipis atau aus.

Selain dari pedal rem yang semakin dalam bisa juga kita ketahui dari jumlah minyak rem di dalam reservoir master rem.Saat kita mau memakai kendaraan alangkah baiknya buka tutup atau cup mesin kemudian periksa semua yang ada di ruang mesin dari air radiator,jumlah oli mesin,oli power steering,minyak rem dll.

Untuk biasanya yang sering saya temui jika jumlah minyak rem semakin turun atau berkurang dari jumlah maksimal bisa juga ada indikasi kampas rem atau disc pad sudah mulai tipis.Dari hal yang sangat sederhana jika kita mengetahui lebih dini maka akan membuat kendaraan kita tetap awet sehingga biaya saat perawatan kendaraan dapat di minimalkan.

Semoga artikel tentang disc pad atau kampas rem ini bermanfaat dan jangan lupa di share jika bisa bermanfaat untuk orang lain.

Komentar